Jerit Tangis Anak-anak Warnai Khitanan Massal Lantamal XIV Sorong

Danlantamal XIV Laksma TNI Imam di Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla, saat memantau pelaksanaan khitanan massal. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Suara jerit tangis Anak-anak begitu jelas terdengar di dalam Gedung Serba Guna (GSG) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong, Kamis (30/09/2021).

Ratusan anak-anak yang mayoritasnya masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) itu nampak ketakutan ketika mendengar teman sebaya mereka menjerit ketakutan. Para orang tua yang mendampingi anak mereka langsung membujuk dan menenangkan agar tidak merasa takut saat akan disunat.

Bukan tanpa sebab, anak-anak itu tengah mengikuti khitanan massal yang digelar Lantamal XIV Sorong yang bekerjasama dengan Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Sorong.

Khitanan massal ini diikuti sebanyak 110 peserta yang terdiri dari anak-anak KKSS, Pondok Pesantren Emeyodere, SD Al Jihad dan Masyarakat Maritim.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla, juga didampingi Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Y. Yulius Tamoni , Kolonel Laut (P) Teddy Barata (Aspotmar Danlantamal XIV), Kolonel Laut (E) Yusup Budi Santoso (Asrena Danlantamal XIV), Letkol Laut (K) Made Supriyana, A.Md., (Kadiskes Lantamal XIV), Letkol Laut (K) drg. Yoyok Karyanto, M.M. (Karumkit dr. Oetojo) dan BPD KKSS Sorong, Syamsudin M. DJohan, S.H Serta Ketua Korcab XIV DJA III Ny. Anik Imam Musani beserta pengurus Jalasenastri Korcab XIV meninjau langsung kegiatan Bhakti Sosial Khitanan Massal.

Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E.,M.Si., M.Tr. Opsla, menyampaikan bahwa khitan masal yang digelar dalam rangka menyongsong hari kesehatan TNI Angkatan Laut yang nanti akan jatuh pada tanggal 09 Oktober 2021.

“Kegiatan Khitanan Massal juga menugaskan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal XIV, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Oetojo dan Denkesyah Korem 181/PVT sebagai pelaksana khitan masal serta pemberian bingkisan bagi peserta. kegiatan khitan massal dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.” Ujar Danlantamal XIV Sorong.

Sementara itu Ketua KKSS kota Sorong, Syamsudin M. DJohan, S.H menyampaikan terimakasih kepada lantamal XIV Sorong atas kepeduliannya terhadap kesehatan dan dunia anak-anak.

“Atas nama ketua KKSS dan warga Sulawesi Selatan yang ada di kota Sorong, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada komandan lantamal XIV, yang mana beliau sangat peduli terhadap kesehatan dan dunia anak-anak ini, ” Pungkasnya.