Jembatan Pacongkang di Soppeng Jadi Prioritas Pemprov Sulsel

Pembangunan jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pembangunan jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan. Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dan Bone.

“Alhamdulillah, kurang lebih Rp 66,5 miliar pagu anggaran pekerjaan jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng pelaksanaannya sementara berjalan. Jembatan ini menjadi penghubung jalan strategis menuju tempat Wisata Citta,” kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada wartawan, di Makassar, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, jembatan ini menjadi prioritas mengingat isu keselamatan pengendara. Selain itu, melihat kondisi besi jembatan yang sudah berumur puluhan tahun.

Rencana pembangunan jembatan ini, dengan panjang bentangan 128 meter dan lebar lalu lintas 7 meter, beserta dukungan trotoar kiri dan kanan masing masing 1 meter.

“Rangka baja pelengkung sementara di produksi oleh vendor yang sama dengan yang mengerjakan jembatan Merah Putih Holtekamp Papua,” tuturnya.

Untuk itu, dia meminta dukungan masyarakat sekitar, agar pembangunan jembatan ini dapat memberi manfaat yang lebih terhadap masyarakat sekitar pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.