Jelang Purna Tugas, Satgas Pamtas RI-PNG Jalani Rapid Test

Anggota Satgas Pamtas RI-PNG menjalani rapid test, sebelum kembali ke kesatuan. Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Menjelang purna tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG sektor Selatan Kabupaten Merauke, seluruh personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19.

Dankolakops Pamtas RI-PNG Brigjen TNI Bangun Nawoko melalui Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos, M.Han, dalam rilisnya mengaku, pelaksanaan rapid test Covid-19 tahap pertama ini dilaksanakan dalam rangka menjelang purna tugas beberapa hari kedepan.

“Rapid test ini merupakan dukungan dari Mabes TNI, untuk mendeteksi lebih dini terhadap kesehatan personel Satgas yang akan kembali ke satuan asalnya, sehingga setibanya home base terbebas dari Virus Corona,” ungkapnya, Minggu (7/6).

Kegiatan rapid tes diikuti oleh seluruh personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW yang berjumlan 450 orang yang tersebar di 22 pos Satgas, termasuk di Pos Kout Sota yang dipimpin oleh Wadansatgas Mayor Inf Ilham Datu Ramang. Pemeriksaan dilaksankan di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Minggu (7/6) pagi.

Sambungnya, penyelenggaraan rapid test oleh Tim Kesehatan Satgas di pantau dan diawasi secara langsung oleh Dokter Satgas Lettu Ckm dr. M. Akbar Andriansah dan Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, yang dilaksanakan dengan cara mendatangi personel yang ada di pos masing-masing.

“Dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku,” tuturnya.