Berita

Jelang Lebaran, Gubernur Sulsel Pantau Bahan Pokok di Pasar Terong

×

Jelang Lebaran, Gubernur Sulsel Pantau Bahan Pokok di Pasar Terong

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan pemantauan harga dan stok sejumlah bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Kamis (21/4/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memastikan harga dan stok bahan pokok di Sulsel aman. Hal itu disampaikan Andi Sudirman usai melakukan pemantauan harga dan stok sejumlah bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Kamis (21/4/2022).

Dalam kunjungan ini, Gubernur didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Irdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana, Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, serta dari Dinas Perdagangan kota Makassar.

“Alhamdulillah, harga dan stok masih aman, dan mayoritas bahan pokok dalam relatif terjangkau, dikecualikan beberapa harga yang masih perlu untuk dikawal dengan baik,” katanya.

4916
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Gubernur termuda di Indonesia itu pun menyasar beberapa titik pasar tradisional tersebut, sembari menyapa baik pembeli maupun pedagang di pasar. Andi Sudirman pun berbincang dengan beberapa pedagang menanyakan harga bahan pangan mulai dari telur, ayam, daging, minyak dan kebutuhan pokok lainnya.

Dari pantauan tersebut, beberapa harga bahan pokok diantaranya cabe rawit 25 per kg, daging lokal Rp 120 ribu per kg, daging impor Rp 100 ribu per kg, minyak curah di distributor Rp 14 ribu per liter. Sulsel kata dia, termasuk daerah yang tidak ada lonjakan ekstrim, jika dibandingkan Provinsi lain.

Gubernur pun menegaskan, pihaknya Bersama Polda Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin terus mengawal dan memantau stok dan harga 12 bahan pokok utama.

“Kami juga bersama Polda Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin memberi “warning” kepada distributor minyak curah agar tetap harga sesuai ketentuan Rp 14 ribu per liter. Kami juga mendorong Aparat penegak hukum bahwa bagi yang menimbun/ memainkan harga bagi masyarakat akan ditindak sesuai ketentuan,” tegasnya.

Andi Sudirman berharap, harga dan stok bahan pokok dapat aman hingga memasuki Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Untuk wargaku di Sulawesi Selatan, tetap ki jaga protokol kesehatan dan tertib selama berbelanja di pasar,” pintanya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana mengaku, Satgas Pangan Sulsel terus memantau setiap perkembangan harga dan stok di pasar.

“Menjelang idul fitri sampai saat ini harga-harga sudah mulai normal kembali. Memang ada kenaikan kenaikan di beberapa pangan. Satgas pangan terus mengawal dan memantau perkembangan. Insya Allah kita terus kawal sampai pelaksanaan idul fitri,” tandas dia.