Jaringan Transmisi Punagaya-Tanjung Bunga Sudah Beroperasi

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah saat menerima General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulsel, Barat dan Tenggara, Ismail Deu dan rombongan di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, belum lama ini. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan, I Putu Riasa mengaku, mulai 12 September sudah beroperasi jaringan transmisi Punagaya-Tanjung Bunga. Pernyataan I Putu Riasa menjawab tantangan beban kebutuhan serta memperkuat kelistrikan di Provindi Sulawesi Selatan (Sulsel), khususnya di Kota Makassar.

“Pemenuhan dan penguatan kelistrikan di Sulsel terus dilakukan, diantaranya sudah beroperasi jaringan transmisi Punagaya-Tanjung Bunga,” kata dia kepada wartawan, di Makassar, Jumat (25/9).

Jaringan ini, kata dia, didukung dengan jumlah menara jaringan 178 tower dan panjang jaringan 118 Kms. Dan bulan Oktober, transmisi kabel tanah dari Tanjung Bunga ke Bontoala dihadirkan.

Menurutnya, untuk meningkatkan keandalan kelistrikan dari dalam kota, serta sedang dibangun transmisi Sungguminasa-Lanna, dan perkiraan di awal tahun depan akan operasi. Dan Juga Wotu-Masamba.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan rasio elektrifikasi 100 persen di Sulawesi Selatan, PLN terus berkomitmen untuk melistriki seluruh tanah air hingga ke pelosok negeri ditengah pandemi Covid-19.

“Kami tentunya berkomitmen melistriki seluruh wilayah di Sulsel, termasuk diantaranya Desa Letta terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang menjadi desa yang kini menerima aliran listrik PLN. Penantian 40 Tahun akhirnya bisa nikmati listrik 24 jam.” jelasnya.

I Putu Riasa menambahkan, kondisi kelistrikan saat ini surplus 400-600 MW. “Saat ini kondisi listrik kita surplus 400-600 MW, serta akan semakin bertambah dengan akan hadirnya PLTU dan PLTA baru. Hal ini berkat dukungan Pak Gubernur Sulsel (Nurdin Abdullah) yang sangat bagus. Dimana kendala sosial yang terjadi langsung bisa selesai, baik dengan masyarakat atau dengan instansi lain maupun pihak swasta. Beliau selalu menjadi penengah dan mediasi, membuat permasalahan mudah diselesaikan,” tandas dia.