Berita

Januari 2021, Merauke Mendapatkan Penambahan Satu Trayek Kapal Perintis

×

Januari 2021, Merauke Mendapatkan Penambahan Satu Trayek Kapal Perintis

Sebarkan artikel ini
Dokumen trayek kapal perintis baru untuk Kabupaten Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kabupaten Merauke mendapatkan trayek kapal perintis (R 121) untuk tahun 2021 dari pemerintah pusat. Kapal berkapasitas 350 deadweight tonnage (DWT) tersebut akan beroperasi awal tahun depan, khusus di wilayah Merauke.

1516
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rutenya yakni, Merauke-Bian-Buraka-Kumbis-Kimaam-Wanam-Tabonji-Wantarma-Tabonji- Wanam-Kumbis-Buraka-Bian-Merauke, dengan estimasi perjalanan selama 9 hari.

“Kalau armadanya kita harapkan dua, supaya ada pengganti dan kita belum tahu kapal apa, karena itu urusan pemerintah pusat,” terang Kasi Lalu Lintas Lalut KSOP Merauke, Abdulah Lie, Jumat (16/10/2020), di Merauke.

Dengan mendapatkan penambahan trayek baru ini, maka Merauke sudah mempunyai 8 trayek. Bedanya, pada 7 trayek lainnya, memiliki rute ke pedalaman kabupaten lainnya.

Ini untuk menjawab keluhan masyarakat tentang kesulitan transportasi laut, sungai, kali di pedalaman atau pulau terluar di kabupaten setempat.

Selain itu, dukungan transportasi yang memadai akan memudahkan, dan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat dari kota sampai ke kampung terluar dan terisolir.

“Sambil berjalan, Pemda menyiapkan fasilitas pendukung berupa dermaga perintis di wilayah yang menjadi tujuan kapal. Pemda juga menjamin keamanan, dan keselamatan kapal dan penumpang,” tutur Abdulah.