Ruas jalan Pinrang-Rappang, di Kabupaten Pinrang. Foto-Ist/TN

 639 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menangani dua paket pengerjaan untuk ruas jalan Pinrang-Rappang, di Kabupaten Pinrang.

Dari kedua paket yang dikerjakan tahun 2022 ini, satu diantaranya sementara proses pengerjaan fisik. Sementara lainnya, masih tahapan lelang.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengaku, Rp 37 miliar total PAGU, untuk penanganan tahun 2022 ini dalam dua paket pengerjaan rekonstruksi jalan ruas Pinrang-Rappang di Kabupaten Pinrang.

“Sementara progres pekerjaan pada salah satu paket tengah berlangsung,” ungkap dia kepada wartawan, di Makassar, Selasa (17/5/2022).

Untuk pelaksanaan kegiatan fisik yang sedang berjalan, sudah memasuki tahap penghamparan lapis pondasi aggregat kelas A, dan uji mutu berupa pengujian Sand Cone dan DCP.

Uji sand cone sendiri, berguna untuk menentukan derajat kepadatan lapangan yang diperoleh dari presentasi perbandingan berat isi tanah kering, ketika uji laboratorium dengan berat isi tanah kering lapangan.

Uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer) merupakan suatu pengujian yang cepat, untuk mendapatkan nilai kekuatan tanah dasar dan lapis fondasi jalan.

“Tahapan ini menjadi fokus kami untuk semua paket pengerjaan infrastruktur. Hal itu untuk memperhatikan mutu dari pekerjaan ruas jalan yang menjadi lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi,” ungkapnya.

Gubernur berharap, dengan penanganan akses ini dapat mempermudah mobilitas barang dan jasa bagi masyarakat.

“Dibutuhkan dukungan semua pihak, utamanya masyarakat setempat, untuk kelancaran dalam pengerjaan ruas ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas mengatakan, bahwa satu paket ruas Pinrang-Rappang yang tengah proses fisik dengan alokasi PAGU sekitar Rp 17,5 miliar.

Sementara satu paket ruas Pinrang-Rappang yang tengah lelang, didalamnya konsolidasi dengan ruas jalan Batas Soppeng-Pangkajene, di Kabupaten Sidrap.

“Dengan total alokasi PAGU sekitar Rp 65 Miliar. Terdiri untuk ruas Pinrang-Rappang dialokasikan PAGU sebesar Rp 19,6 miliar, dan untuk ruas Batas Soppeng-Pangkajene di Sidrap dialokasikan PAGU sebesar Rp 45,5 miliar,” jelasnya.

“Jika kedua paket fisik ini berjalan, direncanakan dapat menuntaskan penanganan pada beberapa segmen jalan dengan kondisi rusak berat, yang terdapat di ruas jalan provinsi yang menghubungkan Pinrang dan Kabupaten Sidrap di perbatasan Soppeng,” tandas dia.

Berita lain untuk anda

Deputi I KSP Lakukan Monev ke PLN Saparua

 525 total views (dibaca)  525 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP),…

ASN Kantor Badan Penghubung Pemprov Malut di Jakarta Mulai Khawatir

 445 total views (dibaca)  445 total views (dibaca) Ternate, TN – Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di sejumlah…

Tentara Negara PNG Berkunjung ke Polsek Sota Merauke, Ini yang Dilakukan !

 471 total views (dibaca)  471 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE- Kapolsek Sota, Ipda Yustus Maudul, beserta anggotanya…

TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Besar-besaran Di Kabupaten Sorong

 478 total views (dibaca)  478 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong (Komando…

Wagub Lepas Bantuan Kemanusiaan ke Sulbar

 499 total views (dibaca)  499 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dibawa deras hujan, Wakil Gubernur Sulawesi…

Gerai Vaksin Presisi Polres Sorong Kota Layani Pendaftaran Antrian Online

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Guna mencegah terjadinya kerumunan saat pelaksanaan vaksin,…

Wali Kota Bagi Sembako Gratis di Punggaloba

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) Kendari, TN – Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K…

Pariwisata Berkelanjutan di Tambrauw, Desak Pemda Tingkatkan Kapasitas Pemandu Wisata

 468 total views (dibaca)  468 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TAMBRAUW- Pemerintah kabupaten Tambrauw menggelar pelatihan partisipasi masyarakat…

DPRD Maluku Tuding PT. Adira Berbohong

 433 total views (dibaca)  433 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku menuding PT. Adira…

Masyarakat Kampung Okor Sangat Antusias Ikut Membangun

 476 total views (dibaca)  476 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pembangunan 20 unit rumah masyarakat semi…