Berita

Jakpro Gandeng KPK Awasi Pelaksanaan Jakarta E-Prix 2023, Ini Kata Ketua MPR

×

Jakpro Gandeng KPK Awasi Pelaksanaan Jakarta E-Prix 2023, Ini Kata Ketua MPR

Sebarkan artikel ini
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama membahas proses dan tata laksana Jakarta E-Prix 2023. Foto: ist.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengapresiasi Jakpro gandeng KPK dalam penyelenggaraan Formula E Jakarta Eprix 2023 yang akan diselenggarakan dalam dua seri tanggal 3 dan 4 Juni di Artha Graha Internasional Sirkuit, Ancol Jakarta atau AGI Jakarta International E-Prix Circuit.

1516
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Bamsoet menuturkan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah bertemu dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna membahas proses dan tata laksana Jakarta E-Prix 2023. Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang penggunaan anggaran Jakarta E-Prix 2023 yang secara keseluruhan diperoleh dari kerja sama bussines to bussiness (B to B). Tanpa menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Jakpro juga menyampaikan penjelasan menyeluruh kepada KPK terkait persiapan Jakarta E-Prix 2023. Mulai dari kesiapan venue dan track, penjualan tiket, serta bentuk kerja sama yang terjalin dengan para mitra. Selain itu, dijelaskan pula tentang acara hiburan tambahan yang akan meramaikan Jakarta E-Prix 2023 pada 3 – 4 Juni 2023,” ujar Bamsoet, di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, pihak penyelenggara Jakarta E-Prix 2023 memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan governance reform serta mendorong para mitra usaha untuk melakukan tindakan yang terbuka, transparan serta akuntabel sesuai prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Kegiatan monitoring dari KPK diharapkan mampu meminimalisir potensi fraud dan korupsi serta mengurangi persepsi negatif yang berkembang di masyarakat saat ini.

“Pertemuan dengan KPK juga dilakukan dalam rangka menjaga kepercayaan publik atas perhelatan event motorsport internasional yang akan digelar akhir minggu ini. Kita harapkan KPK senantiasa memberikan dukungan dan pendampingan atas tata kelola pelaksanaan kegiatan, serta bersama-sama mempromosikan tindakan pencegahan korupsi kepada semua pihak yang terlibat dalam Jakarta E-Prix 2023,” ujar Ketua Steering Committee (SC) Formula E Jakarta Eprix 2023 tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, dalam rangka memperkuat pondasi dan tata kelola, pihak penyelenggara Jakarta E-Prix 2023 telah menerapkan ISO 37001:2018 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Selain itu juga tengah dilakukan pembentukan tim ISO representative dalam rangka pengawasan pelaksanaan yang sesuai dengan ISO 20121:2012 Event Sustainability Management Systems, sehingga tujuan untuk melaksanakan event yang berkelanjutan dapat tercapai.

“Sejumlah perbaikan internal terus dilakukan jelang pelaksanaan Jakarta E-Prix 2023. Termasuk menata kelembagaan penyelenggara Jakarta E-Prix 2023, sehingga unit pelaksana lebih profesional dan berintegritas, independen dan bebas dari konflik kepentingan,” tuturnya.