Jaga Kondusifitas, Polres Sorong Lakukan Pertemuan Dengan Para Tokoh

Polres Sorong foto bersama dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat di Hotel Aquarius, Kabupaten Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Polres Sorong melakukan pertemuan dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat di Hotel Aquarius, Kabupaten Sorong, Kamis (2/6/2022).

Pertemuan itu sekaligus menjadi ajang silaturahmi ini guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Sorong.

Dalam silaturahmi itu para tokoh menyampaikan saran masukan mereka terkait sejumlah permasalahan yang sering terjadi, seperti masalah miras yang dianggap banyak memicu gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Sorong.

Ketua LMA Malamoi, Korneles Usili mengatakan bahwa semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong sangat merindukan suasana dan situasi Kabupaten Sorong yang dulunya terkenal aman.

“Kita semua disini pasti mau Kabupaten Sorong ini kembali seperti dulu, aman-aman saja dan jauh dari gejolak. Selanjutnya ini menjadi tugas siapa? Tentu bukan pihak kepolisian saja melainkan kita semua. Karenanya sudah menjadi keharusan ada koordinasi dan komunikasi yang baik antara pihak yang berwajib dan kami masyarakat,” ujar Korneles usai pertemuan.

Menurut Korneles, miras masih mendominasi dalam penyebab tindak kriminal di kabupaten Sorong dan menjadi masalah yang belum dapat ditemukan jalan keluarnya.

“Miras ini ibaratnya air sungai yang mengalir dan tidak ada ujungnya. Makanya kami sedang mendorong pemerintah Kabupaten Sorong untuk segera membuat peraturan daerah (perda) yang dapat mengatur miras ini. Harusnya tidak sulit yah karena income dari miras ini ke pendapatan daerah Kabupaten Sorong tidak terlalu besar juga,” tegas Korneles.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Sorong, Iptu Riklof Tutupary mengatakan bahwa dengan adanya pertemuan tersebut, silaturahmi terus terjaga. Ia mengapresiasi para tokoh yang sudah memberikan saran dan masukan seputar apa yang harus dilakukan kepolisian ke depannya.

“Dari silaturahmi serta tanya jawab ini kami banyak mendapatkan saran dan informasi dari elemen masyarakat. Saran dan Informasi ini secara otomatis akan menjadi PR yang harus kami kerjakan sebagai bentuk peningkatan pelayanan Polres Sorong,” kata kasat binmas.***