Berita

Itauw Fili di Sentani Timur Miliki Potensi Wisata Menjanjikan

×

Itauw Fili di Sentani Timur Miliki Potensi Wisata Menjanjikan

Sebarkan artikel ini
Miliki potensi wisata yang menjanjikan, tampak Kali/Sungai Itauw Fili di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kali atau Sungai Itauw Fili di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan.

1341
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kondisi itu pun diakui duta-duta masyarakat adat yang datang berkunjung saat mengikuti sarasehan di Kampung Yokiwa dalam rangka kongres masyarakat adat nusantara (KMAN), salah satunya Hartono.

Hartono menilai kali yang memiliki aliran air dari Danau Sentani itu memiliki pesona yang eksotik.

“Kali ini memiliki potensi nilai ekonomis yang besar, jika warga dan pemangku desa mau serius mengembangkannya menjadi sektor pariwisata,”ujar Hartono, salah satu peserta sarasehan asal Provinsi Bengkulu, Sabtu (29/10).

Menurutnya, jika ingin bersungguh-sunguh mengelola potensi wisata di kali tersebut maka warga setempat harus maksimal memanfaatkan potensi sekitar, tidak hanya sektor permandian semata. Misalnya, sebut dia, produk makanan olahan, hasil perikanan, pertanian dan perkebunan.

“Kalau mau serius maka sektor ekonomi kuliner lokal perlu dikembangkan, sehingga pengunjung tidak saja datang untuk sekedar mandi-mandi di kali, tapi mereka juga menikmati kuliner khas, ini akan menjadi salah satu daya tarik,”ujar Hartono sembari menambahkan, harus ditingkatkan juga infrastruktur guna mendukung sektor pariwisata Kali Itauw Fili.

KMAN ke-6 tahun 2022 di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua pada 24-30 Oktober 2020 sangat memberikan dampak positif bagi budaya dan istiadat masyarakat adat. Selain itu, manfaat ekonomis bagi masyarakat di kampung-kampung wilayah Kabupaten Jayapura, tempat kegiatan berlangsung.