Internet di Merauke Kembali Normal, Armada Kapal Diingatkan Jangkar tidak Merusak Kabel FO

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka didampingi GM PT. Telkom Papua dan jajarannya. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Penyambungan kabel Fiber Optik bawah laut di Laut Arafura ruas Timika-Merauke sudah selesai dilakukan. Jaringan internet untuk wilayah Merauke kembali normal pada Minggu (29/5/2022) malam.

Pemerintah daerah Kabupaten Merauke dan pihak PT. Telkom Papua melakukan pertemuan membahas dan mengantisipasi kejadian yang sama tidak terulang. Sebagai kepala daerah, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka memberikan peringatan kepada semua armada kapal untuk lebih hati-hati melakukan aktifitas di laut. Ketika jangkar kapal tidak bisa ditarik ke kapal sebaiknya diputuskan saja, tidak boleh dipaksakan sebab dikhawatirkan tersangkut di kabel FO dasar laut.

“Kita harapkan semua sama-sama menjaga dan tidak ada yang melanggar,” ucap Bupati Merauke, Romanus Mbaraka usai pertemuan di Pinang Sirih Merauke.

Sedangkan PT. Telkom bertanggungjawab atas macetnya jaringan internet selama kurang lenih 2 bulan, dengan memberikan konpensasi kepada pelanggan IndiHome yakni nol tagihan.

“Sedangkan untuk pelanggan Telkomsel sementara masih dalam proses untuk mekanisme apa yang bisa diberikan kepada customer,” sambung General Manajer PT. Telkom Papua Agus Widhiarsana.