Pejabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad,di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat, 9 Desember 2022. Foto: Erlangga Sebastian/TN.

 10,284 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah meresmikan Provinsi Papua Barat Daya. Peresmian berlangsung di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat, 9 Desember 2022.

Provinsi Papua Barat Daya secara resmi telah disahkan lewat Undang-undang. Provinsi baru di Papua ini disahkan dalam rapat paripurna DPR RI, Kamis, 17 November 2022.

DPR RI menyatakan RUU Provinsi Papua Barat Daya kini telah sah menjadi Undang-undang. Sebagai informasi, wilayah dan batas daerah Provinsi Papua Barat Daya telah diatur sebagaimana dalam RUU Pemekaran Papua Barat Daya yang kemudian menjadi Undang-undang.

Selain itu, Mendagri juga melantik Pejabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad. Nama Muhammad Musa’ad ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya oleh Presiden Joko Widodo.

Diwawancarai usai pelantikan, Muhammad Musa’ad mengaku sudah mempersialkan beberapa hal terkait kinerjanya kedepan. Ia pun bertekad untuk melakukan percepatan kesejahteraan bagi warga Papua.

“Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Maybrat, RajaAmpat, Tambrauw, kabupaten kota di kota Sorong rata-rata sudah cukup berkembang dan beberapa yang perlu sentuhan. Oleh karena itu tugas saya sebagai Pejabat Gubernur pertama pasti mengkonsolidasikan semua sistem yang sudah ada, kemudian karena ini lingkupnya provinsi, tadi disampaikan Pak Mendagri, tujuan kita percepatan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Muhammad Musa’ad, di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat(9/12/2022).

Diketahui, Muhammad Musa’ad dipilih untuk mengisi kursi Gubernur Papua Barat Daya (PBD), yang merupakan provinsi ke 38 di Indonesia.Sebelumnya, Muhammad Musa’ad menjabat sebagai Asisten bidang Pembangunan dan Kesra di Sekretariat Daerah (Setda) provinsi Papua.

Berita lain untuk anda

Pria Paruh Baya di Sorong Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan

 5,972 kali dilihat 5,972 kali dilihat TEROPONGNGNEWS.COM,SORONG, Pria paruh baya berinisial OK (56) ditemukan meninggal dunia…

Bupati Akan Tertibkan Perjalanan Dinas Keluar Merauke

 2,538 kali dilihat 2,538 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menegaskan bahwa selama…

Pemkot Ternate Menyabet Sekaligus Dua Penghargaan

 2,500 kali dilihat 2,500 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Setelah meraih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA)…

Lawan COVID-19, Bupati Kembali Ajak Masyarakat Hidup Sehat

 2,496 kali dilihat 2,496 kali dilihat Bintuni,TN- Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw,M.T kembali mengajak masyarakatnya…

Polemik Pelantikan Kepala Kampung di Perbatasan Maybrat-Sorsel, Bupati Sorsel Minta Gubernur PB Turun Tangan

 2,513 kali dilihat 2,513 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN-Pelaksanaan acara pelantikan kepala kampung Persiapan di wilayah hukum…

Pembangunan Infrastruktur di Kota Kendari Terus Berlanjut

 2,594 kali dilihat 2,594 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengikuti…

Dua Legislator  PDIP, Siap Kawal Aspirasi Masyarakat Soal Banjir Organda

 2,605 kali dilihat 2,605 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Dua Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang di…

DPRD Minta Warga Bombay-Elat Bisa Menahan Diri dan Tidak Terprovokasi

 1,875 kali dilihat 1,875 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Benhur…

Bawaslu Raja Ampat, Dinilai tidak Profesional dalam Fungsi Pengawasan

 2,643 kali dilihat 2,643 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Tim Kuasa Hukum pasangan calon bupati dan…

Sidak 2 Armada Mewah Milik Pemprov Papua Barat, Paulus Waterpauw Mengaku Prihatin

 2,223 kali dilihat 2,223 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Penjabat gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, melakukan sidak…