Berita

Ini Upaya Pemprov Turunkan Tingkat Pengangguran Terbuka di Kalsel

×

Ini Upaya Pemprov Turunkan Tingkat Pengangguran Terbuka di Kalsel

Sebarkan artikel ini
Kepala Disnakertrans Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melakukan lakukan sosialisasi terhadap kartu prakerja, kepada para pencari kerja. Ini dilakukan, sebagai upaya menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kalsel.

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalsel, Irfan Sayuti mengaku, baru-baru ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke beberapa kabupaten/kota, dalam rangka mengedukasi program kartu prakerja.

“Masyakarat dan sekolah, khususnya siswa kelas 12 di beberapa kecamatan, sudah kami datangi untuk memberikan informasi tentang program prakerja ini,” kata dia kepada wartawan, di Banjarmasin, Senin (9/1/2023).

4369
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Pada tahun 2022, menurut dia, di Kalsel terdapat 383.628 orang telah menjadi penerima program ini, yang mana jumlah ini terbanyak di Pulau Kalimantan.

Oleh karena itu, Sayuti berpesan kepada masyarakat yang berhasil mengikuti pelatihan tersebut, agar dapat bersungguh-sungguh menjalaninya.

“Sehingga ilmu yang didapat bisa digunakan, untuk mencari pekerjaan ataupun membuka usaha sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Wahyudin Noor menambahkan, di tahun ini pelatihan prakerja direncanakan akan digelar secara luring.

Dengan pelatihan secara luring ini, maka akan membuat masyarakat lebih maksimal dalam mengikutinya.

“Dengan pembelajaran secara luring akan membuat masyarakat lebih memahami isi materi yang diberikan,” ujar Sayuti.