2,659 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tidak tinggal diam, KPUD Merauke siapkan langkah-langkah untuk menaikan jumlah Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di wilayah setempat.

Pertama, pihaknya akan turun ke sekolah-sekolah jenjang SMA dan mendatangi istri-istri TNI-Polri untuk mensosialisasikan aplikasi Lindungi Hakmu.

“Diharapkan dengan Aplikasi ini bisa membantu kita KPU mendaftar mereka yang belum terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ucap Theresia, Rabu (6/4/2022) usai rapat pleno DPB di KPU Merauke.

Melalui aplikasi Lindungi Hakmu masyarakat secara mandiri dapat mengaksesnya, lalu masukan NIK dan nama untuk melihat apakah sudah terdaftar atau belum. Jika belum, dapat melaporkan ke petugas KPU untuk didata melalui pengisian formulir.

Kembali dikatakan, berkaitan dengan data, KPU sangat membutuhkan kerjasama dari pihak lain seperti data pensiunan TNI dan Polri. Selain itu uji petik yang dilakukan Bawaslu Merauke juga turut menaikan DPB.

Upaya berikut, KPU meminta kepada Kepala Lapas Kelas IIB Merauke, Lukas Laksana Frans untuk memberikan data narapidana (Napi) yang punya masa hukuman di atas dua tahun untuk dikawal KPU. Sekalipun tidak semua Napi memiliki KTP, nantinya Disdukcapil diminta untuk membackup agar yang belum memiliki KTP dapat dibantu suapaya para Napi boleh ikut memilih pada Pemilu serentak 2024 nanti.

“Selain itu, kami minta dukungan Pemerintah Daerah terkait langkah-langkah yang akan kita ambil untuk menambah data pemilih,” sambung Theresia Mahuze.

Berdasarkan hasil rapat pleno antara KPUD Merauke dan pihak terkait, diketahui jumlah Data Pemilih Berkelanjutan untuk triwulan pertama masih sama di angka 139.869.

Alasannya, KPU setempat hanya mendapatkan data pemilih dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan data yang dikeluarkan hanya setiap satu semester atau 6 bulan.

“Kemarin kami dapat smester pertama di Januari 2022, sehingga angkanya masih sama,” sambung perempuan berdarah Marind-Jawa itu.

Berita lain untuk anda

Kodam XVII/ Cendrawasih Proses Serda Ramuna Manuama

 2,677 kali dilihat 2,677 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI– Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/ Cendrawasih membenarkan terjadinya insiden…

Dwi Cahyo, Putra Asal Papua Lulus Seleksi TNI AD

 2,881 kali dilihat 2,881 kali dilihat Merauke, TN – Dwi Cahyono salah satu pemuda dari suku…

Tim Pengawas Juru Parkir Merauke Lakukan Sosialisasi

 2,652 kali dilihat 2,652 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tindak lanjut keluhan masyarakat terhadap perilaku parkir…

Kodam XVIII/Kasuari Gandeng Pemda Tanam Perdana Ketahanan Pangan

 2,634 kali dilihat 2,634 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Kodam XVIII/Kasuari gandeng Pemerintah Daerah (Pemda) melaksanakan…

Sebagai Partai Non Seat, PDI Perjuangan Juga Rekomendasikan Pasangan AFU-ORI

 2,680 kali dilihat 2,680 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Selain enam partai politik pengusung pasangan bakal calon…

Dua Sekolah di Merauke Tempuh Langkah Pencegahan Tawuran Siswa

 4,705 kali dilihat 4,705 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menimbang telah berulang kali terjadi aksi tawuran…

Personil Lanud DMA Merauke Ikuti Latihan Pertahanan Keamanan

 2,642 kali dilihat 2,642 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Personil Lanud J.A Dimara Merauke, mengikuti latihan…

Maret 2022, Lima Kota IHK di Sulsel Alami Inflasi

 3,293 kali dilihat 3,293 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pada Maret 2022, gabungan 5 kota IHK…

Capai 10,3 Miliar, Veneer Mendominasi Ekspor 2022 di Merauke

 51,608 kali dilihat 51,608 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tahun 2022, Kantor Pengawal dan Pelayanan Bea…

SKB Netralitas Resmi Dirilis, Azwar Anas: ASN Harus Netral di Pemilu 2024

 2,952 kali dilihat 2,952 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA– Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak di…