Ini Sosok Klemen Tinal di Mata Kader Golkar

Almarhum Klemen Tinal. Foto: sumber INews Papua/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Selain punya jiwa kepemimpinan, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal (almarhum) dianggap sebagai orang tua dan sebagai perpustakaan karena punya pengetahuan yang sangat luas.

Demikian ungkapan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Fraksi Golkar, Dominikus Ulukyanan via sambungan telepon, Jumat (21/05).

Menurut Domin, Partai Golkar sangat kehilangan dengan kepergian Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua itu. Membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan kader terbaik yang akan menggantikan almarhum Klemen Tinal sebagai Ketua DPD Partai Golkar Papua selanjutnya.

“Kita bisa menilai pada saat beliau menjadi pemimpin, menjadi bapak pada saat santai bersama keluarga dan punya pengetahuan yang sangat luas. Kita bilang, beliau seperti perpustakaan berjalan, pengetahuannya sangat luas,” ungkap Dominikus dengan nada sedih.

Menurutnya, selama kepemimpinan sebagai Wagup Papua, beliau sangat berprestasi dan punya komunikasi yang baik. Tidak sulit bagi siapapun untuk bertemu dengannya.

“Walaupun beliau meninggal, semangatnya sangat berarti bagi kami kader Partai Golkar,” ucap Domin.

Klemen Tinal juga dikatakan punya jiwa nasionalis yang besar. Dalam dunia politik, ia mengajak generasi Papua tidak mengandalkan hak kesulungan, melainkan prestasi dan kulitas. Baginya, seseorang diangkat bukan karena belas kasihan tetapi karena prestasi.

Diketahui, Wagub Papua dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (21/05) Pukul 04.00 Wib di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta.