Dokter Spesialis Paru sekaligus Dokter Penanggung Jawab Medis Tim CoVid-19 RSUD Merauke, dr. Hendra Sihombing. Foto-Ist/TN

 505 total views (dibaca)

Merauke, TN – Orang yang sudah terinfeksi Virus Corona (Covid-19), 60-70 persen tidak bergejala. Dalam istilah kedokteran disebut asimtomatik yang artinya, suatu penyakit yang sudah positif di derita oleh seseorang, tetapi tidak memberikan gejala klinis maupun terhadap orang tersebut.

Penderita tersebut bahkan tidak menyadari kalau dirinya terinfeksi virus dan menyebarkannya ke banyak orang. Penyebaran bisa melalui bersin, ludah, atau alat dan wadah atau tempat yang disentuh pederita lalu meninggalkan virus dan kemudian disentuh orang lain lagi maka virus tersebut akan dengan mudah menyerang oaring lain terutama yang sistem imun tubuhnya kurang/rendah.

“Dia tidak batuk, tida sesak nafas, tidak pilek. Ini yang menjadi kesulitan bagi kita untuk membedakan, ternyat ada orang terlihat sehat tapi dia mempunyai virus dan menyebarkan ke orang lain,” ujar Dokter Spesialis Paru sekaligus Dokter Penanggung Jawab Medis Tim CoVid-19 RSUD Merauke, dr. Hendra Sihombing, Sp.P dalam wawancara telpon, Kamis (2/4).

Lanjut dia, kondisi seperti inilah kenapa oleh para medis melalui anjuran pemerintah mengeluarkan himbauan untuk masyarakat melakukan social distancing, dengan tujuan menekan penyebaran virus yang lebih meluas.

Semua orang disarankan membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), makan makanan bergizi terutama sayur dan buah, tidak merokok dan alkohol, olahraga, istirahat yang cukup serta rajin cuci tangan, dan yang tidak kalah penting adalah, menjaga suasana hati agar tidak memicu stres atau beban pikiran, dan ketakutan berlebih.

“Dengan begitu, imunitas tubuh seseorang akan meningkat dan dengan sendirinya virus tersebut akan mati. Tapi kalau dia tidak memperhatikan kesehatan diatas, maka imunitas tubuhnya menurun membuat virus bergejolak yang disebut replikasi atau memperbanyak diri di dalam sel orang tersebut,” jelas Sihombing.

Ditegaskannya, seorang penderita positif Covid-19 setelah diobati lalu dinyatakan sembuh, tapi dia bisa terinfeksi kembali. Dokter Hendra menjelaskan, 14 persen orang yang sudah positif dinyatakan sembuh ternyata bisa terinfeksi kembali dan positif. Entah virus baru (reinfeksi) yang masuk atau virus yang sudah ada sebelumnya masih tersisa sedikit dalam tubuh (reaktifasi). Ketika imunitas tubuh menurun, sedikit virus yang tersisa sedikit itu akan naik dan menyebar.

Satu cara agar virus tidak bertambah dan bertumbuh dan menyebar harus tetap menjaga imunitas tubuh dan isolasi diri atau karantina mandiri.

la menyayangkan masyarakat, yang menganggap remeh terhadap wabah corona, baru berapa yang dinyatakan sembuh semua sudah berkeliaran di jalanan seakan badai sudah berlalu.

Menurutnya, para medis di rumah sakit mengobati terus, tapi masyarakat di luar sana tidak ikut nasehat dari dokter maka hasilnya sama saja, pasiennya tidak habis-habis.

“Itu yang nanti membuat kita akan ada gelombang kedua, susulan corona positif kembali karena ketidaktaatan masyarakat. Ini yang kita jaga. Harapannya masyarakat tetap menjaga jarak dan ikuti anjuran pemerintah serta menjaga pola hidup bersih dan sehat,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang mengalami gejala batu, pilek dan atau sesak napas diingatkan segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau rumah sakit. Sehingga segera diberikan anti biotik dan anti virus. Karena jika dibiarkan akan terjadi gangguan otak, hati dan ginjal.

Perlu ada kejujuran jika sebelumnya pernah melakukan kontak dengan siapa saja yang baru datang dari daerah terinfeksi virus.

Berikut, lanjut Sihombing, antisipasi ketika karantina wilayah dibuka kembali oleh pemerintah, otomatis akan ada orang baru lagi yang membawa virus masuk ke satu wilayah.

Masalah lain yang bisa saja dihadapi kalau banyak pasien corona adalah terbatasnya alat bantu pernapasan bagi yang corona akut, keterbatasan APD (Alat Pelindung Diri) dan kebutuhan medis lainnya.

“Untuk itu kami sarankan masyarakat boleh beraktifitas di dalam rumah. Tetap jaga diri, jaga jarak dan ikuti saran dari medis, agar tetap sehat, tidak menularkan atau ditularkan,” pintanya.

Berita lain untuk anda

NasDem Gelar Raker Pemantapan Sambut Pemilu 2024

 500 total views (dibaca)  500 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Fraksi Partai NasDem DPR RI mengadakan…

Lima Pegawai Kantor DPMK Merauke Jalani Karantina

 440 total views (dibaca)  440 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setelah hasil rapid tes yang dilakukan…

PETIR Siap Cetak Sejuta Petani Milenial

 469 total views (dibaca)  469 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Persatuan Desa Tani Nusantara (Petir) siap mendukung…

Ketua Fraksi NasDem DPRD Maybrat : Dominggus Mandacan Layak Pimpin Papua Barat Dua Periode

 441 total views (dibaca)  441 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Fraksi NasDem DPRD Kabupanten Maybrat secara tegas…

Diguyur Hujan, Jalan Sungai Maruni KM. 10 Kota Sorong Kembali Tergenang

 437 total views (dibaca)  437 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Hujan yang mengguyur wilayah kota Sorong membuat genangan di…

Komandan Brimob Merauke Bantah Adanya Pungli yang Melibatkan Anggotanya

 2,893 total views (dibaca)  2,893 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komandan Yonif Batalyon D Pelopor Brimob…

Astaga! Anggaran Dicairkan 90 Persen, Proyek Air Bersih di KKT Tak Selesai

 450 total views (dibaca)  450 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Proyek Pembangunan Jaringan Air Bersih di…

Polres Sorong Bagikan Paket Sembako ke Panti Asuhan, Purnawirawan dan Warakawuri

 416 total views (dibaca)  416 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Sebagai rasa syukur menjelang perayaan hari…

Antisipasi Puncak Covid-19, Kapasitas Rumah Sakit dan Tempat Karantina Harus Ditambah

 496 total views (dibaca)  496 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menegaskan,…

Seorang Pemuda di Sorong Tewas Ditikam Kakak Kandung

 499 total views (dibaca)  499 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Seorang pria berinisial WM ditemukan tewas berlumuran…