Ini 13 Bacalon DPD Yang Sudah Serahkan Dukungan ke KPU Papua Barat Daya

Pelaksana tugas KPU Papua Barat Daya, Fatmawati. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 13 Bakal Calon (Bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, telah menyerahkan dokumen persyaratan dukungan minimal ke kantor persiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya.

Pantauan media ini, pengumpulan berkas itu dilakukan oleh sejumlah Bacalon di masa injury time alias menit-menit akhir, Minggu (8/1/2023) pukul 24.00 WIT hingga Senin (9/1/2023) pukul 07.00 WIT.

Pelaksana Tugas KPU Papua Barat Daya, Fatmawati mengatakan bahwa total yang menyerahkan berkas secara keseluruhan sebanyak 13 Bacalon.

“Ada 14, tetapi satu yang dikembalikan. Jadi total keseluruhan yang kami terima baik melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) maupun fisik ada sekitar 13,”ujar Fatmawati, Senin (9/1/2023).

Dijelaskan Fatmawati, untuk Bacalon yang menyerahkan dokumen fisik dengan syarat minmal 1000 dukungan diminta untuk mengupload semua data fisik yang belum sempat diupload ke dalam Silon sejak diberikan tanda terima.

“Ketika kami memeriksa dokumennya kemudian memenuhi syarat minimal 1000 dan sebaran, maka kami berikan tanda terima dan selanjutnya mereka diberikan tanggung jawab untuk mengupload semua data fisik yang belum sempat diupload ke dalam Silon dalam waktu 3×24 jam sejak kami menyerahkan tanda terima dan berita acara,”jelasnya.

Adapun tahapan KPU selanjutnya yakni melakukan tahap verifikasi admnistrasi. Di mana, KPU akan melakukan analisis terhadap dokumen yang disampaikan para Bacalon seperti kegandaan dari pemberi dukungan.

“Tetapi karena masih ada 4 bakal calon yang harus mengupload datanya di dalam Silon dalam jangka waktu 3×24 jam, maka kemungkinan kita menunggu mereka selesai mengupload dulu baru dilakukan verifikasi administrasi. Karena ini berhubungan dengan analisis kegandaan antar bakal calon,”pungkasnya.

Adapun total 13 Bacalon yang diterima yakni:

  1. .M. Sanusi Rahaningmas
  2. Hartono
  3. Mamberob Y Rumakiek
  4. Hasby suaeb
  5. Shokib Naim
  6. Amalut Boinauw
  7. Paul Finsen Mayor
  8. Muhdar Ikhsan Weul
  9. Agil Saeni
  10. H. Amirudin
  11. Agustinus R Kambuaya
  12. Amus Atkana
  13. Septinus Lobat.