Ingin Pecahkan Batu Ginjal Tanpa Operasi di Ambon, Ini Tempatnya

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), yang berfungsi untuk memecahkan batu ginjal tanpa melakukan operasi, kini telah dimiliki RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon kini telah memiliki berbagai peralatan kesehatan canggih, yang mendukung layanan operasi bagi masyarakat Indonesia Timur.

Salah satunya yaitu Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), yang berfungsi untuk memecahkan batu ginjal tanpa melakukan operasi.

Dokter Spesialis Urologi, dr. Stefanus Cahyo Ariwicaksono, Sp.U mengaku, saat ini RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon sedang memulai pelayanan minimal invasif Urologi, dimana pasien akan mendapat pelayanan dengan luka yang minimal bahkan tidak ada luka sama sekali.

“Rangkaian kegiatan ini dimulai dari Selasa (23/08/2022), dengan tindakan ESWL pertama di provinsi Maluku kepada dua orang pasien. Jadi kita menggunakan gelombang elektromagnetik yang dapat memecahkan batu dari luar badan pasien. Keunggulan ESWL adalah pasien bisa datang di hari H dilakukannya tindakan, dan bisa langsung pulang dihari yang sama tanpa rawat inap,” ungkap dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Kamis (25/8/2022).

Saat ini, RSUP Dr. Johannes Leimena merupakan satu-satunya Rumah Sakit yang memiliki alat ESWL di Maluku dan Maluku Utara.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon, drg. Saraswati, MPH berharap, dengan adanya alat ini, dapat memenuhi kebutuhan pelayanan Bedah Urologi di Provinsi Maluku.

“Ini merupakan komitmen dari pemerintah pusat supaya pelayanan kesehatan di Kawasan Timur Indonesia, khususnya di daerah Maluku bisa dilakukan di sini. Jadi, tidak perlu dirujuk ke daerah lain seperti Makassar, Pulau Jawa, atau kawasan Barat Indonesia. Diupayakan semua dilakukan di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon,” tandas Saraswati.