Infrastruktur PON ke-XX di Merauke Terus Dikerjakan

Nampak Stadion Katalpal Merauke yang akan digunakan pada PON XX. Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Meski pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua digeser karena pandemi Covid-19, namun kesiapan infrastrukturnya terus dilakukan, agar secepatnya rampung.

Kabupaten Merauke sebagai salah satu claster beberapa cabang olahraga yang akan diperlombakan nanti, hingga kini tetap melakukan pembangunan infrastruktur pedukung PON.

Para pekerja proyek dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) baik pelindung untuk keselamatan kerja juga APD untuk mencegah tertularnya Virus Corona.

“Kita tetap melakukan pembangunan fasilitas pendukung seperti Stadion Katalpal, Sircuit Motocross dan peningkatan jalan di beberapa titik,” jelas Plh Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Romanus Sujatmiko, Jumat (17/4), via seluler.

Romanus menyebut, khusus stadionnya saja sudah mencapai 90 persen, namun masih ada beberapa bagian yang belum selesai dikerjakan, seperti landscape atau taman dan parkiran Katalpal yang merupakan tanggungan APBD Provinsi Papua.

Khusus parkiran terdapat empat bagian, yaitu dua terletak di bagian depan, dan dua lainnya terletak di bagian belakang stadion.

Selanjutnya, kata dia, pagar keliling dan peningkatan jalan masuk dari depan Kantor Peternakan Mopah, yang digunakan untuk menuju stadion. Sedangkan sircuit motor, masih pada tahap pengecoran jalur lintasan.

“Pada prinsipnya kita tetap melakukan pengerjaan sampai semua rampung sebelum kegiatan PON,” tambah Romanus.

Lebih lanjut, dikatakan dalam tahun 2020 ini, Dinas PUPR melalui Dana Alokasi Umum (DAU), akan melakukan pelebaran jalan sepanjang tiga kilo meter, di daerah Kurik dan dari jalan utama masuk ke Salor Kampung. Ada juga pelebaran, dan pengaspalan di Jalan Semangga 1 yang sudah mengalami kerusakan.

“Kedua jalan ini sangat ramai mobilitas masyarakat, sekaligus mendukung lalu lintas barang dan orang, selama kegiatan PON nanti,” tandas dia.