Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Pieter Saimima. Foto-Ist/TN

 475 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Inflasi di Kota Ambon, yang semula mencapai 6,65 persen, kini telah turun di angka 4,47 persen.

Demikian disampaikan Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Pieter Saimima kepada wartawan, di Ambon, Kamis (6/10/2022).

“Di Bulan Agustus inflasi kita itu berada pada angka 6,54 persen, dan setelah pelaksanaan operasi pasar di Bulan September kemarin itu, kita dapat menekan inflasi sampai pada angka 4,47 persen,” ungkap dia.

Saimima mengungkapkan, ada efek positif dari pada pelaksanaan operasi pasar di bulan September kemarin, dan operasi pasar harus terus dilakukan.

“Karena itu berbagai macam upaya Pemerintah Kota Ambon, untuk mempertahankan dan menekan inflasi, akan tetap kita upayakan,” ujar Saimima.

Lebih lanjut Saimima menambahkan, tak hanya operasi pasar saja yang dilaksanakan guna menekan laju naiknya inflasi, akan tetapi pihaknya turut mengambil langkah-langkah lainnya.

“Kita sementara membangun komunikasi dengan sentra produksi, untuk bahan pangan di luar sembilan bahan pokok. Kemarin telah ditugaskan Kepala Dinas Pertanian dan Perdagangan untuk membangun komunikasi dengan sentra makanan di Makassar, dan di Surabaya,” beber dia.

Pemerintah, kata Saimima, juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar untuk intervensi terkait dengan inflasi, yang berasal dari 2 persen Dana Alokasi Umum (DAU).

“Intervensi ini akan dilakukan Pemkot untuk komoditi tertentu yang menyumbangkan nilai inflasi tertinggi, yang sementara ini berada pada sayur-sayuran dan cabai,” jelasnya.

Pengendalian ini, lanjut dia, tentu menjadi tanggung jawab pemerintah, sehingga upaya-upaya pelaksanaan penekan ini akan terus diupayakan, guna menstabilkan inflasi daerah, yang tentunya akan berdampak baik di tahun-tahun depan.

“Operasi pasar itu akan berlangsung di minggu kedua dan minggu keempat setiap bulan, dan tetap kita menggunakan Pasar Mardika dan Pasar Batu Merah selama tiga hari, sedangkan Pasar Benteng, Passo, Waiheru, dan Wayame selama dua hari,” tutup Saimima.

Berita lain untuk anda

Ada Info Vodka 75 Karton Dikirim ke Manokwari?

 1,428 total views (dibaca)  1,428 total views (dibaca) Sorong, TN – Beredar informasi Miras jenis Vodka sebanyak…

Laitupa: LKAD, Dorong Kader PAN Miliki Integritas Terhadap Partai

 1,479 total views (dibaca)  1,479 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN)…

Lagi, Nono Sampono Ajak Warga Gotong Royong Hadapi Pandemi Covid-19

 2,434 total views (dibaca)  2,434 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono…

Help, Asrama Atlit Dayung Papua Sering Terendam Banjir Lumpur

 101 total views (dibaca) ‘Jangan hanya menutut prestasi tetapi kenyamanan atlit juga perlu diperhatikan’

Gubernur Papua Barat Panen Ubi Jalar Di Matawolot Kabupaten Sorong, Ini Harapannya

 1,446 total views (dibaca)  1,446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, menghadiri…

Danrem 174/ATW Pamitan ke Satgas Pamtas RI-PNG

 1,427 total views (dibaca)  1,427 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Jelang purna tugas di Merauke, Danrem…

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kendari

 1,395 total views (dibaca)  1,395 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Sekretaris Daerah Kota Kendari, Hj. Nahwa…

BIN Membantah Sistem Server Miliknya Dibobol Hacker China

 1,627 total views (dibaca)  1,627 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Badan Intelijen Negara (BIN) membantah  servernya mengalami…

Thiasonny Betaubun: Proses BOP PKBM Sedang Berjalan

 1,523 total views (dibaca)  1,523 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten…

DPRD Maybrat Soroti Bappeda dan Dinas PU Terkait Hal Ini

 1,450 total views (dibaca)  1,450 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten…