Berita

Imran: Tanaman yang Tidak Tumbuh di Bulukumba Bukan Dari Program Mandiri Benih

×

Imran: Tanaman yang Tidak Tumbuh di Bulukumba Bukan Dari Program Mandiri Benih

Sebarkan artikel ini
Plt Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi, saat melakukan pengecekan di lapangan, terkait keluhan ini berasal dari warga di Ujungloe, Kabupaten Bulukumba. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHBun) Provinsi Sulawesi Selatan menindaklanjuti perihal adanya keluhan bantuan benih yang tidak tumbuh.

1475
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Diketahui, keluhan ini berasal dari warga di Ujungloe, Kabupaten Bulukumba yang mengaku, jika ada bantuan benih gratis dari Pemerintah yang tidak tumbuh.

Dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi melakukan pengecekan di lapagan. Turut hadir Kepala UPT Balai Benih TP Maros pada Dinas TPHBun Sulsel, pihak dari Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Bulukumba, Pengawas Benih tanaman, PPL, pihak penyedia benih dan ketua kelompok tani.

“Kita telah turun untuk mengecek perihal benih gratis yang dikeluhkan oleh warga, karena tidak tumbuh,” ujar Imran Jausi kepada wartawan, di Makassar, Rabu (15/6/2022).

Dari hasil pengecekan langsung, dapat dipastikan jika benih yang dikeluhkan warga bukan dari bantuan Mandiri Benih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Terlebih dari kemasan pada benih yang dikeluhkan warga sangat berbeda, dengan program Pemprov Sulsel.

“Berdasarkan hasil monev di lapangan, tim menegaskan bahwa bantuan benih yang dikeluhkan masyarakat karena bermasalah, bukan bantuan benih program mandiri benih Provinsi Sulsel, tetapi benih yang diadakan oleh dana tugas perbantuan,” beber dia.

Menurut Imran, benih yang disalurkan melalui program Mandiri Benih Pemprov Sulsel, sudah melalui uji mutu benih dan dinyatakan berkualitas.

“Benih gratis dari pemprov itu jelas dengan logo pemprov, dan sebelum disalurkan ke petani telah melakukan uji mutu benih dari program mandiri benih. Hasil uji lab, bahwa daya tumbuh pada benih ‘Mandiri Benih’ diatas 80 persen,” tegas dia.

Untuk di Kabupaten Bulukumba, bantuan benih gratis bukan hanya dari Pemprov Sulsel. Melainkan juga ada bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Untuk benih dari Pemprov, kita lakukan penangkaran di sini (Sulsel). Benih yang disalurkan juga minim penggunaan bahan kimia. Serta benih yang dihasilkan, dan dibagikan sesuai dengan kondisi tanah di Sulsel,” jelasnya.

Meski demikian, sebagai Langkah antisipasi, Pemprov Sulsel telah menyiapkan opsi untuk penggantian benih, jika ditemukan adanya benih dari program Mandiri Benih yang tidak tumbuh.

“Saya minta Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Bulukumba, agar membuat surat resmi ke provinsi sebagai laporan jumlah benih bantuan yang tidak tumbuh. Untuk selanjutnya Dinas TPHBUN akan meminta pihak penyedia, melakukan penggantian benih secepatnya,” tutup Imran Jausi.