Plt Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi, saat melakukan pengecekan di lapangan, terkait keluhan ini berasal dari warga di Ujungloe, Kabupaten Bulukumba. Foto-Ist/TN

 2,801 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHBun) Provinsi Sulawesi Selatan menindaklanjuti perihal adanya keluhan bantuan benih yang tidak tumbuh.

Diketahui, keluhan ini berasal dari warga di Ujungloe, Kabupaten Bulukumba yang mengaku, jika ada bantuan benih gratis dari Pemerintah yang tidak tumbuh.

Dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi melakukan pengecekan di lapagan. Turut hadir Kepala UPT Balai Benih TP Maros pada Dinas TPHBun Sulsel, pihak dari Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Bulukumba, Pengawas Benih tanaman, PPL, pihak penyedia benih dan ketua kelompok tani.

“Kita telah turun untuk mengecek perihal benih gratis yang dikeluhkan oleh warga, karena tidak tumbuh,” ujar Imran Jausi kepada wartawan, di Makassar, Rabu (15/6/2022).

Dari hasil pengecekan langsung, dapat dipastikan jika benih yang dikeluhkan warga bukan dari bantuan Mandiri Benih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Terlebih dari kemasan pada benih yang dikeluhkan warga sangat berbeda, dengan program Pemprov Sulsel.

“Berdasarkan hasil monev di lapangan, tim menegaskan bahwa bantuan benih yang dikeluhkan masyarakat karena bermasalah, bukan bantuan benih program mandiri benih Provinsi Sulsel, tetapi benih yang diadakan oleh dana tugas perbantuan,” beber dia.

Menurut Imran, benih yang disalurkan melalui program Mandiri Benih Pemprov Sulsel, sudah melalui uji mutu benih dan dinyatakan berkualitas.

“Benih gratis dari pemprov itu jelas dengan logo pemprov, dan sebelum disalurkan ke petani telah melakukan uji mutu benih dari program mandiri benih. Hasil uji lab, bahwa daya tumbuh pada benih ‘Mandiri Benih’ diatas 80 persen,” tegas dia.

Untuk di Kabupaten Bulukumba, bantuan benih gratis bukan hanya dari Pemprov Sulsel. Melainkan juga ada bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Untuk benih dari Pemprov, kita lakukan penangkaran di sini (Sulsel). Benih yang disalurkan juga minim penggunaan bahan kimia. Serta benih yang dihasilkan, dan dibagikan sesuai dengan kondisi tanah di Sulsel,” jelasnya.

Meski demikian, sebagai Langkah antisipasi, Pemprov Sulsel telah menyiapkan opsi untuk penggantian benih, jika ditemukan adanya benih dari program Mandiri Benih yang tidak tumbuh.

“Saya minta Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Bulukumba, agar membuat surat resmi ke provinsi sebagai laporan jumlah benih bantuan yang tidak tumbuh. Untuk selanjutnya Dinas TPHBUN akan meminta pihak penyedia, melakukan penggantian benih secepatnya,” tutup Imran Jausi.

Berita lain untuk anda

Anggota DPR Papua Barat Marthinus Nasarany Lakukan Reses III Tahun 2020

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Anggota DPR provinsi Papua Barat, Marthinus Abraham…

Puluhan Pejabat Lingkup Pemkot Ternate Dilantik

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman melantik…

Curi 27 Motor di Sorong, 6 Pelaku Curanmor Ditangkap

 482 total views (dibaca)  482 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Polres Sorong Kota dan Polsek jajarannya…

Pantau Mudik Lokal, Polairud Polda Malut Gencar Lakukan Patroli

 406 total views (dibaca)  406 total views (dibaca) Ternate, TN – Untuk memantau aktivitas mudik lokal masyarakat…

Soal Pemasangan Tiang Listrik di Lelingluan, Legislator Angkat Suara

 488 total views (dibaca)  488 total views (dibaca) Ambon, TN – Legislator di DPRD Provinsi Maluku akhirnya…

Tulis Skripsi Tentang Peran Bawaslu Maybrat, Mahasiswa Unimuda Sorong ini Dapat Apresiasi

 455 total views (dibaca)  455 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Bawaslu Maybrat berikan apresiasi kepada Zakarias Kambu…

DPRD Maybrat Desak Pangdam XVIII Kasuari Tarik Personil Satgas Dari Mare dan Aifat

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) Maybrat, TN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten…

2020, Jumlah Penduduk di Malut Capai 1.282.937 Jiwa

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan Badan…

Pemprov Sulsel Jamin Ketersediaan Stok Daging

 415 total views (dibaca)  415 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan,…

Akses Penerbangan Di Bandara DEO Sorong Bakal Dibuka Minggu Depan

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Akses penerbangan di Bandar Udara…