Imam: Arsinum Sama Dengan Air Minum Dalam Kemasan

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah saat melakukan meresmikan arsinum di Pulau Samalona secara simbolis sekaligus di dua pulau lainnya yaitu Lanjukang dan Langkai, Senin (14/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Perekayasa Pertama Pusat Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Imam Septiadi, mengatakan kualitas dan mutu Instalasi Air Siap Minum (Arsinum) ini sama dengan air minum dalam kemasan.

“Ini sama dengan air minum dalam kemasan, satu jam mesin ini kapasitas produksinya maksimal bisa sampai 144 galon,” ungkapnya kepada wartawan, di Makassar, Selasa (15/12/2020).

Ia menjelaskan, proses arsinum dimulai dari penyaringan air sumur yang masih asin/payau. Kemudian penyaringan pasir dilakukan untuk menghasilkan air bersih. Air baku ini menuju proses peningkatan menjadi air minum.

“Terjadi proses penyaringan molekul, selain molekul air. Molekul lainnya tidak dapat masuk, termasuk garam, bakteri dan mikroba. Jadi yang keluar benar-benar air,” kata dia.

“Dari penampungan ini juga ada ultra violet juga. Untuk menghindari kontaminasi, sebelum masuk galon kita ada ultra violet lagi, jadi dua kali sterilisasinya,” tandas Imam.