Berita

Pengurus Ikatan Keluarga Adonara Kota Dan Kabupaten Sorong Dikukuhkan

×

Pengurus Ikatan Keluarga Adonara Kota Dan Kabupaten Sorong Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
Ketua IKF-NTT kota Sorong, Syafruddin Sabonama saat mengukuhkan pengurus IKA Kota dan kabupaten Sorong periode 2021-2026.(Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ketua Ikatan Keluarga Flobamora Nusa Tenggara Timur (IKF-NTT) kota Sorong, Syafruddin Sabonama mengukuhkan pengurus Ikatan Keluarga Adonara (IKA) kota dan kabupaten Sorong periode 2021-2026 di Aula SMA Agustinus Sorong, Rabu (27/5/2021).

Ketua IKF-NTT kota Sorong, Syafruddin Sabonama berharap IKA menjadi rumah besar bagi semua masyarakat perantauan asal Adonara untuk bagaimana kehidupan kedepannya lebih harmonis.

Syafruddin juga berharap, pengurus yang baru dikukuhkan ini dalam memainkan perannya lebih fokus pada hal-hal yang bersifat sosial kemasyarakatan.

4564
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Karena masyarakat Adonara dan masyarakat NTT secara umum sebagian besar adalah orang-orang yang bekerja di lapangan, dan potensi terjadi konflik itu besar sekali. Sehingga harapan kami, pengurus yang sudah dikukuhkan ini memperkuat jejaring dengan kerukunan-kerukunan nusantara lainnya, maupun dengan kerukunan-kerukunan asli Papua. Agar kedepannya, kehidupan yang harmonis di Kota Sorong ini bisa terjalin dan terlaksana dengan baik, “harap Syafruddin.

Sementara itu, Ketua IKA kota dan Kabupaten Sorong, Korneles Kopong Ola menjelaskan bahwa untuk program kedepan, pihaknya fokus pada kegiatan-kegiatan sosial, dengan memperkuat tali persaudaraan dan memprioritaskan masalah kedukaan.

Ketua IKA kota dan kabupaten Sorong, Korneles Kopong Ola. (Foto:Mega/TN)

“Program kerja kami kedepan adalah kami tetap fokus dengan kegiatan-kegiatan sosial, dalam hal ini kami menyadari bahwa masyarakat Adonara itu kerjanya sebagian adalah pekerja kasar atau di lapangan, yang artinya resiko pekerjaan tinggi. Akhirnya kami berkomitmen untuk mendaftarkan semua masyarakat Adonara yang tergabung dalam IKA ke BPJS Jamsostek, supaya ketika mereka mengalami kecelakaan atau kematian, keluarga mereka bisa terlindungi, “jelas Korneles.

Korneles menuturkan, warga Adonara secara keseluruhan di kota dan kabupaten Sorong berjumlah sekitar 700 orang yang tersebar di enam rayon.

“Kita ini ada enam rayon, ada sekitar 700 orang di wilayah kota dan kabupaten Sorong. Untuk menghindari konflik di suatu daerah, kami keluarga Adonara selalu membagun komunikasi dengan kepala-kepala suka nusantara sebelum kita bawa ke ranah hukum, dan sudah banyak yang saya lakukan seperti itu,”pungkasnya.