Berita

Hebat! Kalsel Satu-satunya Provinsi Diluar Jawa yang Raih SAKIP A

×

Hebat! Kalsel Satu-satunya Provinsi Diluar Jawa yang Raih SAKIP A

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor memegang penghargaan atas Predikat A hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan kembali meraih prestasi di kancah nasional, yakni raihan Predikat A atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Galuh Tantri Narindra menyebutkan, jika capaian tersebut atas optimalisasi penyelenggaraan SAKIP oleh seluruh jajaran pemerintahan.

“Setelah beberapa tahun mengejar nilai SAKIP A, ini adalah salah satu bukti nyata bagaimana Provinsi Kalimantan Selatan untuk berakuntabilitas yang baik di bawah kepemimpinan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor,” ujar Galuh Tantri Narindra kepada wartawan, di Banjarmasin, Selasa (6/12/2022).

4594
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Disebutkan pula atas komitmen kepimpinan Sahbirin Noor, merupakan pemacu atas capaian predikat nilai A, yang diterima dari Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI pada Selasa, 6 Desember 2022 di Jakarta.

Predikat A yang diperoleh Kalimantan Selatan merupakan perolehan nilai 80-90 dengan interpretasi memuaskan.

Indikatornya disebutkan terdapat gambaran bahwa instansi pemerintah/unit kerja dapat memimpin perubahan dalam mewujudkan pemerintahan berorientasi hasil, karena pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level eselon 4/Pengawas/Subkoordinator.

Capaian Kalimantan Selatan juga diklaim, jika nilai SAKIP A itu diraih sebagai satu-satunya provinsi dari luar pulau Jawa.

“Gubernur Kalsel sangat berkomitmen dan setiap Dinas Provinsi Kalsel digenjot, serta beberapa kali workshop untuk meningkatkan nilai akuntabilitas,” kata Galuh Tantri Narindra.