Hasil Quick Count: PDIP Sapu Bersih Kemenangan di Tiga Kabupaten

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun. Foto-Rudy Sopaheluwakan/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PDIP menyapu bersih kemenangan di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Buru Selatan. PDIP hanya kalah di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Ini berdasarkan hasil quick count dari sejumlah lembaga survey.

“Data sementara yang masuk, tiga dari empat kabupaten yang berlangsung pilkada serentak 2020 di Maluku, PDIP unggul di tiga kabupaten. Kami optimis, karena data sementara yang masuk itu sudah di atas 70 persen,” kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Maluku, Benhur Watubun kepada saat dihubungi dari Ambon, Kamis (10/12/2020).

Namun demikian, menurut Benhur, pasangan yang diusung PDIP di Kabupaten SBT, Fachri Alka­tiri dan Arobi Kelian (FAHAM) masih unggul tipis dengan selisih 400 suara versi data perhitungan internal PDIP. Intinya, kata dia, Kabupaten Seram Bagian Timur masih terjadi persaingan yang ketat.

Sementara untuk Kabupaten Kepulauan Aru, pasangan calon Johan Gonga-Muin Solgarey (JOIN) unggul 56 persen dari Timotius Kaidel-La Gani Karnaka (KAKA), yang hanya mengantongi 44 persen suara.

Kemudian di Kabupaten MBD, pasangan calon yang diusung PDIP yakni, Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily (BENAR) juga unggul dengan 64 persen suara. Sementara di Kabupaten Bursel, Paslon Safitri Malik Soulisa dan Gerson Eliezer Selsily (SMS-GES) 41 persen.

“Kami berharap, proses di Kabupaten SBT itu lebih transparan dan akomodatif, sehingga bisa diketahui hasil yang sebenarnya. Karena ada beberapa daerah yang sangat terisolir seperti di Amarsekaru atau Kecamatan Gorom. Saya kira, tabir demokrasi itu harus diperlihatkan kepada publik, jadi bukannya seperti kita membeli kucing dalam karung,” tandas Benhur.