Hartono, Balon DPD RI Dapil PBD Bertekad Majukan Usaha Kecil dan Mikro

Hartono, Bakal Calon DPD RI Dapil Provinsi Papua Barat Daya Saat Ngopi Bareng Bersama Pendukungnya, Foto Hizkia / TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Salah satu bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perwakilan Provinsi Papua Barat Daya, Hartono bertekad menjadikan usaha kecil dan mikro sebagai program unggulan jika dirinya mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk duduk di senayan.

Sebelumnya, Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah perwakilan Provinsi Papua Barat Daya ini dinyatakan lolos berkas syarat dukungan minimal oleh KPU Provinsi Papua Barat Daya pada jumat lalu.

Berbekal hidup dari kecil hingga saat ini di tanah Papua yang dicintainya, Pace Songkok Hijau, alias Hartono ingin melangkah masuk senayan melalui pemilihan umum legislatif Tahun 2014 mendatang.

Hal ini dikatakan Hartono yang di kenal dengan penggiat pemberdayaan usaha kecil dan mikro dalam kegiatan ngopi bareng bersama para pendukung dan sejumlah jurnalis di HANGOUT Jln Sungai Maruni KM 10 Masuk Kota Sorong, ngopi bareng yang dimaksudkan Hartono dan tim adalah Ngobrolin Pilihan Kita dengan Thema : Ngopi Bareng Songkok Hijau “Kok Pake Songkok Hijau Pace Har”, Senin, (9/01/2023).

Pada kesempatan itu, Bakal calon DPD Perwakilan Provinsi Papua Barat Daya ini menjelaskan dirinya ingin masuk senayan karena sebelumnya memiliki pengalaman menjadi bagian dari partai politik sejak era reformasi Tahun 1998 hingga Tahun 2020 dengan jabatan terakhir Ketua Partai PAN Kota Sorong.

“Saya punya pengalaman di partai PAN pasca reformasi tahun 1998 sampai tahun 2020 dengan jabatan terakhir sebagai Ketua Partai PAN,” ujar Hartano dalam sesi acara Ngopi Bareng Songkok Hijau.

Masih kata Hartono, menjawab satu satu pertanyaan terkait keinginannya untuk masuk Senayan, kata dia, Belajar dari pengalaman dirinya perna memimpin partai politik di kota Sorong, maka niatnya untuk masuk Senayan jika dipercayakan masyarakat Papua barat daya akan memberikan manfaat yang banyak kepada masyarakat di daerah ini.

“Berbekal pengalaman memimpin partai, tentunya jika nantinya dicalonkan sebagai DPD perwakilan Papua Barat Daya dan di percayakan tentunya ada banyak manfaatnya,” lanjut Pace Songkok Hijau.

Berbekal pengalaman menjadi penggiat usaha kecil dan mikro yang dimilikinya sejak tahun 1995 membuat bapak yang kerap memakai songkok hijau ini ingin mencalonkan diri untuk menjadi anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat Daya pada pemilu tahun 2024 nantinya.

Dijelaskan pula bahwa dirinya terlibat dalam kegiatan usaha kecil dan mikro karena sebagai Pengiat itu lebih kepada Pendampingan, penumbuhan dan pemberdayaan, disebutkan juga bahwa banyak usaha ekonomi kecil dan mikro yang lahir dari lembaga yang di pimpinanya itu.

Pace Songkok Hijau menyebut jika dipercayakan untuk duduk di senayan melalui DPD RI maka kewenangan yang diembannya itu akan digunakan untuk penumbuhan usaha ekonomi kecil dan mikro di Papua Barat Daya yang berpihak kepada Orang Asli Papua (OAP).