Hari Pahlawan 2022, Momentum Perkuat Persatuan dan Kesatuan

tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Trijaya Sakti Sorong, Kamis (10/11/2022). (Foto: CR-1)

TEROPONGNGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang jatuh tiap tanggal 10 November, Pemerintah Kota Sorong menggelar upacara bendera dilanjutkan dengan tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Trijaya Sakti Sorong, Kamis (10/11/2022).

Pantauan media ini, para pejabat pemerintah kota Sorong, TNI/Polri terlihat menaburkan bunga diatas pusara pendahulu yang gugur di medan laga.

Plt. Sekda Kota Sorong, Karel Gifelem saat membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI, menyampaikan bahwa dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting bagi tiap insan meresapi semangat dan keikhlasannya.

Sebab, dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

“Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para Pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan, “ujar Karel.

Menurutnya, para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, “pungkasnya.