Berita

Hari Anak Nasional 2022, Momentum Tingkatkan Kepedulian Terhadap Anak

×

Hari Anak Nasional 2022, Momentum Tingkatkan Kepedulian Terhadap Anak

Sebarkan artikel ini
Ratusan anak di kota Sorong rayakan hari anak Nasional di kantor Dinas PPPA kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Ratusan anak-anak di kota Sorong merayakan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di gedung Dra. Tigtiweria, jl. Jenderal Sudirman (kantor Dinas PPPA kota Sorong), Jumat (22/7/2022).

1544
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Perayaan Hari Anak Nasional 2022 itu turut dihadiri oleh Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M,. unsusr Muspida, DPRD kota Sorong, kepala OPD serta perwakilan anak-anak sekolah dasar di kota Sorong serta komunitas Peduli Anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kota Sorong, Eda Doo dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan hari anak merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa.

“Terutama kita yang ada di kota Sorong untuk menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, hak berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat dan kemanusiaan, sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap kekerasan dan diskriminasi. Hal ini juga merupakan pesan dari Menteri PPPA RI tentang peringatan harian di Tahun 2022 ini,”ujar Eda.

Eda mengunhgkapkan, dinas PPPA kota Sorong khususnya di bidang anak pihaknya akan terus berupaya keras melindungi dan memenuhi kebutuhan harkat anak. Diantaranya memberikan sosialisasi di rumah-rumah ibadah, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Selain itu, kata Eda, dinas PPPA juga siap memberikan pendampingan kepada anak-anak yang mendapatkan pelecehan dan tindak kekerasan.

Dan untuk memberikan penghormatan dan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak dalam bentuk karakter, maka dinas PPPA kota Sorong telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka perayaan hari anak, dengan tujuan membangkitkan semangat dan motivasi bagi anak-anak untuk berkreasi, berimajinasi, serta berani tampil membawakan lomba dan kegiatan-kegiatan lainnya di depan umum

“Setelah Kurang lebih 3 tahun anak-anak dibatasi oleh pandemi covid-, 9 jadi ini juga bagian dari kami memberikan motivasi bagi anak-anak yang ada di kota Sorong. Ada beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan kemarin yaitu lomba mewarnai, lomba menggambar dan lomba baca puisi dari tingkat SD kelas 1 sampai kelas 6,”jelas Eda.

Sementara itu, Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M,. menyampaikan bahwa Hari Anak Nasional merupakan momentum yang tepat untuk makin memperkuat sistem perlindungan guna mendukung pemenuhan hak anak serta mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Di Hari Anak Nasional, kota Sorong juga mengambil bagian,jadi saya ucapkan terimakasih kepada ibu kepala Dinas PPPA. Kita semua pasti punya anak-anak, mari kita mulai bentuk mereka hari ini untuk menatap hari esok yang lebih baik,”pungkas Wali Kota Sorong.