Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Menhub Siapkan Posko dengan Fasilitas Layar Raksasa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Sekretariat Kabinet).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pihaknya siap dalam menghadapi arus mudik. Salah satunya dengan mendirikan Posko Angkutan Lebaran 2023 guna memudahkan koordinasi secara terpadu bagi petugas dilapangan.

Posko Angkutan Lebaran tersebut juga dilengkapi dengan layar berukuran besar guna memantau situasi arus mudik secara terperinci.

“Kita ada posko baru ya, posko komando dengan layar lebar. Dan di situlah komando kita lakukan di situ ya. Nanti masing-masing instansi ada di situ,” kata Budi dilansir dari Selreariat Kabinet, dikutip TeropongNews, Senin (17/3/2023).

Tak hanya di Jakarta, lanjut Menhub, Posko Angkutan Lebaran juga dibangun di berbagai daerah di tanah air, salah satunya Papua.

“Jadi poskonya itu bukan Jawa saja, tapi juga ada yang di Papua, ada yang di Maluku, ada yang di Batam, dan sebagainya,” ungkap Budi Karya Sumadi.

Adapun Posko Angkutan Lebaran akan beroperasi selama 19 hari mulai dari H-8 (14 April 2023) hingga H+9 (2 Mei 2023). Posko ini bertempat di Kantor Kemenhub, Jakarta.

fasilitas command center yang dapat melakukan koordinasi secara daring dengan sejumlah petugas di lapangan dari berbagai daerah, dan memantau pergerakan arus penumpang di simpul-simpul transportasi.