Berita

Gustu Penanganan Covid-19 Ambon Pantau Pelaku Perjalanan

×

Gustu Penanganan Covid-19 Ambon Pantau Pelaku Perjalanan

Sebarkan artikel ini
Kepala Bagian Pemerintahan Kota Ambon, Steven Dominggus. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon akan terus memantau para pelaku perjalanan yang baru tiba di Kota Ambon. Unik itu, perangkat RT/RW akan diberdayakan.

1518
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Ini merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Kota Ambon melalui Gugus Tugas dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon,” kata Kepala Bagian Pemerintahan, Steven Dominggus kepada wartawan, Kamis (9/4).

Menurut dia, setiap pelaku perjalanan yang tiba di Kota Ambon dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Ambon, akan didata oleh tim. Dari data yang diterima, tim akan memantau lewat RT/RW setempat.

“Apabila ada laporan yang masuk baik dari warga setempat ataupun RT/RW, bahwa si pelaku perjalanan tidak mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan isolasi mandiri dirumahnya, maka tim gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri akan segera turun untuk menertibkannya,” jelasnya.

Selain melakukan pemantauan terhadap pelaku perjalanan, Gustu Covid-19 juga akan melakukan tracking terhadap masyarakat yang berhubungan dengan pasien 02 yang saat ini tengah dirawat di RST dr. Latumeten Ambon.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr Wendy Pelupessy mengaku, tracking atau penelusuran perjalanan pasien 02 dilakukan sejak dikeluarkannya hasil Rapid Test atau test cepat, terhadap pasien 02 hingga hari ini.

“Tracking masih berlanjut hingga hari ini. Kita sempat lakukan Rapid Test kepada beberapa orang yang melakukan kontak erat dengan pasien 02,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. Foto-Ist/TN

Kepada masyarakat, diharapkan untuk tetap mengikuti anjuran Pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19, dan bagi para pelaku perjalanan, sangat diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri sesuai waktu yang ditetapkan demi kebaikan dan kesehatan bersama.