Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sulsel, Jayadi Nas. Foto-Ediyana/TN

 2,584 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah melakukan inspeksi mendadak (sidak), di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP) Sulsel.

Dari sidak itu, ternyata ditemukan kurangnya petugas pelayanan serta berkas yang harus bolak balik. Namun terkait temuan saat sidak itu, Kepala DPM PTSP Sulsel, Jayadi Nas mengklarifikasinya.

Jayadi Nas mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kedatangan Gubernur Sulsel mengecek pelayanan di PTSP sebagai tindak lanjut, dari hasil pemantauan dari KPK, sekaligus memastikan kondisi dilapangan.

“Jadi pertama kami sangat mengapresiasi kedatangan Gubernur untuk memastikan kondisi dilapangan.Kemudian terkait petugas pelayanan yang kosong, itu karena semua pelayanan dilakukan secara online,” ungkapnya kepada wartawan, di Makassar, Kamis (12/11/2020).

Ia menjelaskan, kurangnya petugas pelayanan yang biasanya 7 orang menjadi 3 orang seperti yang disaksikan Gubernur Sulsel, karena imbas dari sistem online.

“Memang benar banyak kursi pelayanan kosong, karena semua sudah sistem online seperti untuk izin penelitian yang hampir 53 persen, kemudian izin lainnya yang telah diserahkan ke kabupaten dan kota, sehingga petugasnya dipindahkan ke bidang lainnya yang membutuhkan tenaganya,” jelasnya.

Jayadi Nas juga mengaku, untuk berkas yang bolak balik, karena pemohon izin harus memenuhi berkasnya hingga lengkap.

“Setelah Gubernur Sulsel pulang, saya langsung rapat dengan Kepala Dinas ESDM bersama seluruh jajarannya, dan dijelaskan berkas bolak-balik itu karena pemohon harus memenuhi kelengkapan berkasnya, serta ada hal lainnya yang tidak bisa diwakili seperti harus membayar jaminan di bank. Jadi bukan persoalan di OPD satu ke OPD lainnya,”ucapnya.

Lebih jauh ia mengatakan, dari sidak yang dilakukan oleh Gubernur Sulsel langsung dilakukan perbaikan, diantaranya petugas pelayanan harus yang teknis, dan memeliki kewenangan menindaklanjuti berkas.

“Yang didapat KPK kebanyakan karena persoalan teknis, karena petugas pelayanan hanya staf biasa sehingga tidak mempunyai kewenangan, sehingga ini dirubah harus petugas teknis, dan mempunyai kewenangan serta dibuat sebuah sistem semua berkas yang masuk di PTSP harus diketahui di setiap bidang di OPD,” pungkasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, semua pelayanan perizinan dilakukan satu pintu di DPM PTSP, sehingga tidak ada lagi yang dibawa ke OPD.

“Intinya kita akan bekerja lebih baik lagi, dan semuanya pelayanan perizinan dipastikan berjalan baik dan lancar,” tutupnya.

Berita lain untuk anda

Merauke Masuk Dalam MoU Indonesia-Jerman Bidang Pencegahan Korupsi

 2,503 kali dilihat 2,503 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemerintah Republik Federal Jerman (diwakili oleh GIZ)…

Kota Ambon Raih Tiga Medali Emas

 2,494 kali dilihat 2,494 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kontingen kota Ambon berhasil meraih tiga medali…

TNI-Polri Gelar Baksos Serentak Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-74

 2,565 kali dilihat 2,565 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar Bakti Sosial…

Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Ternate Bagikan Masker Gratis

 2,525 kali dilihat 2,525 kali dilihat Ternate, TN – Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Corona Virus…

Wahyudi Ditetapkan Sebagai Ketua PWI Sorong Raya Periode 2022-2025

 2,607 kali dilihat 2,607 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Wahyudi, resmi ditetapkan sebagai Ketua PWI Sorong…

HUT Bhayangkara ke-76, Polres Merauke Bagikan 400 Paket Bahan makanan

 2,443 kali dilihat 2,443 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke -76 tahun…

Legislator Dapil Malut Harap Bapanas Jadi Solusi Hadapi Krisis Pangan

 1,414 kali dilihat 1,414 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Menanggapi berdirinya Badan Pangan Nasional (Bapanas), Legislator…

Kota Ambon Masih Berada di PPKM Level 1

 2,156 kali dilihat 2,156 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon saat ini masih berada dalam…

Rumah Pintar Hasoma Pertamina Gelar Perlombaan meriahkan Hari Literasi Internasional

 2,554 kali dilihat 2,554 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII…

Wali Kota Kupang Hadiri Kebaktian Perdana Pos Pelayanan Batuplat

 2,537 kali dilihat 2,537 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore…