Gubernur Sulsel Pastikan Sirkulasi Air di Pantai Losari Segera Tuntas

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah saat meninjau lahan persiapan pembangunan kanal Pantai Losari, Kota Makassar. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menegaskan, pekerjaan sirkulasi air di Losari sudah harus segera diselesaikan. Pasalnya, selama irigasi tersebut belum dikerjakan, maka akan terus menjadi komplain masyarakat. Apalagi, Pantai Losari ini menjadi tempat pariwisata andalan Makassar.

“Inti kehadiran kita adalah menyelesaikan kanal, karena kanal ini kalau nggak selesai akan terus menjadi komplain masyarakat, karena memang bau. Nah, Pantai Losari yang menjadi idola masyarakat, menjadi ikon Makassar. Sekarang kan orang malas duduk-duduk disitu apalagi kalau angin bertiup ke daratan. Akhirnya Lego-lego juga kena imbas. Oleh karena itu, kita percepat penyelesaian kanal ini, supaya sirkulasi air bergerak, saya kira itu yang paling penting,” kata dia kepada wartawan, di Makassar, Kamis (10/12/2020).

Ia menyebutkan mengenai lahan sendiri, sudah selesai dihibahkan dari PT Phinisi dan perusahaan lainnya. Sedangkan lahan dari GMTD sendiri, sudah selesai juga, tinggal menunggu metode pembayaran antara pemerintah dengan pihak GMTD.

“Di Phinisi sudah dia memberikan hibah, ada lagi satu perusahaan juga dihibahkan. GMTD ini kita masih berembuk, kalau memang ternyata tetap tidak memberikan. Iya, solusinya kita beli tentu dengan alas hukum yang pasti,” sebutnya.

Nurdin Abdullah lebih jauh mengungkapkan, untuk pembebasan lahan GMTD sudah disetujui kedua belah pihak, tinggal dilakukan metode pembayaran.

“Ini sudah selesai, sudah ada surat yang kita terima. Kita juga sudah setuju, tinggal tunggu metode pembayarannya kita harus pastikan,” pungkasnya.

Dia menargetkan, pekerjaan kanal sirkulasi air yang keluar masuk di Pantai Losari selesai dalam waktu tiga minggu.

“Tiga minggu ini sudah selesaikan semua, jadi kalau ini sudah tersirkulasi sudah bagus kan. Iya kita berharap tiga minggu ke depan ini, sirkulasi air di Pantai Losari sudah bergerak,” tandas dia.