Pelabuhan Malundung di Tarakan yang menjadi salah satu pintu gerbang utama perekonomian Kaltara. Foto-Ist/TN

 2,708 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie optimis, Kaltara akan mampu melewati masa pandemi Covid-19 ini dalam kondisi perekonomian yang tetap baik.

Untuk itu, berbagai upaya dilakukan, guna memastikan pergerakan perekonomian dan tingkat konsumsi masyarakat tetap baik.

Irianto menuturkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltara meski perekonomian terkontraksi, namun beberapa sektor masih tumbuh positif.

BPS mencatat, ekonomi Kaltara triwulan II-2020 terhadap triwulan II-2019 terkontraksi -3,35 persen (y-on-y). Sementara pada triwulan III kontraksi -1,46

Dari sisi produksi, pertumbuhan negatif didorong oleh hampir semua lapangan usaha, di mana tertinggi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum yang terkontraksi sebesar 19,27 persen.

Sedangkan, dari sisi pengeluaran pertumbuhan negatif tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah yang terkontraksi sebesar 6,54 persen.

“Ekonomi Kaltara pada semester I 2020 masih tumbuh, meski tidak signifikan dibanding semester I 2019, yaitu tumbuh 0,81 persen (c-to-c),” lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (15/12/2020).

Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 8,89 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada komponen impor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 7,45 persen.

“Itu artinya, meski mengalami kontraksi, perekonomian Kaltara masih tetap tumbuh positif pada beberapa sektor. Bahkan, masih terhitung jauh dari resesi. Namun, kita jangan lengah dan jangan sampai turunnya negatif, sebab kalau turun lagi dan negatif maka akan resesi,” kata Gubernur.

Pertumbuhan ekonomi yang masih baik itu, juga terasa hingga di wilayah perbatasan.

“Jadi, pandemi ini memang belum berpengaruh besar kepada pertumbuhan perekonomian di Kaltara. Ini terbukti dengan masih baiknya tingkat konsumsi masyarakat, perdagangan lokal juga berjalan baik. Untuk ekspor-impor, atau perdagangan lintas batas, diawal-awal sempat terkendala namun dengan berbagai pendekatan akhirnya dapat berjalan lagi,” ulas Irianto.

Berita lain untuk anda

Tokoh Pemuda Papua Kecewa Tidak Ada Peringatan Sumpah Pemuda di Jayapura

 2,799 kali dilihat 2,799 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SENTANI –  Tokoh Pemuda Kabupaten Jayapura Bernard Taime merasa…

NasDem Bergerak, Santuni Pedagang OAP dengan Dompet Ikan

 2,757 kali dilihat 2,757 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Program peduli kemanusiaan yang dicanangkan DPW NasDem…

Kabar Baik, Tiga Pasien C-19 di Kota Jayapura Sembuh

 2,776 kali dilihat 2,776 kali dilihat Jayapura, TN – Tiga pasien yang masuk dalam daftar kasus…

DPRD Kota Sorong Tidak Menemukan Adanya Kelangkaan BBM di Sorong

 2,516 kali dilihat 2,516 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Antrean panjang pengguna kendaraan bermotor disejumlah Stasiun Pengisian…

Posko Siaga Bencana La Nina di Merauke Dibuka

 2,713 kali dilihat 2,713 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai antisipasi terjadinya La Nina di wilayah…

Lantamal XIV Sorong Bantu PMI Kucurkan Darah Segar

 2,594 kali dilihat 2,594 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka memperingati HUT Ke-76 TNI yang jatuh…

Di Aranday, Pit-Matret Ditandu dan Dielu-elukan Bak Raja

 2,703 kali dilihat 2,703 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, ARANDAY – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk…

Pemerhati THM. S. Tete Marthadilaga : Sudah Tepat Diskotik Golden Crown PTUN-kan Pemprov DKI

 2,631 kali dilihat 2,631 kali dilihat JAKARTA – Pemerhati Tempat Hiburan Malam (THM), S. Tete Marthadilaga,…

Pembangunan Pasar Mardika Dimulai, Diawali Dengan Ini

 2,671 kali dilihat 2,671 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Diawali kegiatan ground breaking atau peletakan batu…

Pangdam Patimura Silahturahmi Bersama Unsur Pemerintah Se Maluku Utara

 4,381 kali dilihat 4,381 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon,…