Berita

Gubernur Kaltim Minta Beasiswa Dapat Dimanfaatkan Sebaik Mungkin

×

Gubernur Kaltim Minta Beasiswa Dapat Dimanfaatkan Sebaik Mungkin

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Dr H Isran Noor. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Dr H Isran Noor secara resmi telah membuka Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) 2021, Kamis (25/3/2021).

1518
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk itu, Gubernur Isran Noor meminta kepada jajaran BP-BKT, agar seluruh masyarakat Benua Etam khususnya bagi mahasiswa dan pelajar/siswa untuk dapat memanfaatkan beasiswa dari Pemprov Kaltim ini sebaik mungkin.

Namun, sebut dia, masyarakat juga harus dapat memahami dan menerima bahwa tidak semua pendaftar beasiswa dapat diterima, karena harus melewati proses seleksi.

“Seluruh masyarakat Kaltim untuk dapat memahami dan menerima, karena tidak semua mendaftar yang jumlahnya ratusan ribu bisa diterima mengikuti program BKT. Tetapi harus melalui proses seleksi yang ketat, baik persyaratan administrasi maupun skoring oleh panitia,” ucap Isran Noor, lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Sabtu (27/3/2021).

Isran Noor berharap kepada BP-BKT 2021, agar lebih intensif dalam menyosialisasikan dan mempromosikan program BKT ini, agar masyarakat dapat menerima informasi beasiswa dengan baik dan bisa mengikuti proses pendaftarannya yang sudah dimulai sejak Kamis melalui website www.beasiswa.kaltimprov.go.id.

“Sosialisasikan dan promosikan lebih luas ke masyarakat di seluruh penjuru Kaltim, apalagi kita berada di era teknologi dan informasi yang sangat maju. Sehingga dapat dengan mudah untuk menyampaikan informasi ini kepada masyarakat. Gunakan media sosial milik pemerintah daerah sebagai alat untuk sosialisasinya,” pesannya.

Mantan Bupati Kutai Timur ini menjelaskan, dalam prosesnya mulai dari pendaftaran, seleksi, penetapan penerima hingga penyaluran beasiswa, Pemprov Kaltim melibatkan instansi terkait untuk melakukan pengawasan. Salah satunya adalah BPK RI Perwakilan Kaltim.

“Karena setiap tahunnya menggunakan anggaran negara cukup besar, yakni diatas Rp165 miliar setiap tahunnya sejak 2019. Jadi ini tidak bisa main-main. Tidak bisa main sogok. Atau meminta memo dari gubernur, serta hal-hal lain yang dapat merugikan masyarakat. Jadi ini murni melalui proses seleksi yang dilakukan oleh badan pengelola,” jelasnya.

Pendaftaran BKT 2021 dibuka sejak 25 Maret 2021 dan berakhir pada 12 Mei 2021. Operator Dinas Pendidikan dan Kemenag kabupaten/kota diberikan waktu untuk menginput data sekolah pada 19-24 Maret 2021.

Sedangkan operator masing-masing sekolah diberikan waktu untuk menginput data siswa calon penerima BKT pada 19-24 Maret 2021.