Berita

Gubernur Kaltara Rencanakan Jalan Koneksi Tiga Negara

×

Gubernur Kaltara Rencanakan Jalan Koneksi Tiga Negara

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang saat menerima kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam RI, Brigjen TNI Hilman Hadi. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Setelah melakukan pertemuan saat kunjungan kerja Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia dengan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang, telah direncanakan jalan koneksi tiga negara.

Untuk diketahui, jalan yang direncanakan tersebut akan menghubungkan negara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalam, dengan melibatkan wilayah Kaltara yakni Malinau yang nantinya menuju ke Serawak Malaysia dan Brunei Darusalam.

Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam RI, Brigjen TNI Hilman Hadi mengatakan, keamanan yang ada di perbatasan dari tahun 2020 sudah ditindaklanjuti Kementerian Pertahanan dan juga TNI, Polri, serta BNN.

“Progres rekomendasi ini akan kita terus pantau dan tindaklanjuti, agar permasalahan keamanan di perbatasan, seperti penyelundupan drugs (narkotika), dan bermacam-macam ilegal bisa dicegah,” ujar Hilman, lewat press releasenya yang diterima Teropongnews.com, Kamis (1/7/2021).

Berbicara mengenai pengamanan di perbatasan, Hilman menyebutkan, khusus untuk permasalahan maraknya penyelundupan narkoba, BNN akan melibatkan seluruh masyarakat sadar untuk bersama hadapi narkoba.

4958
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kita juga akan melakukan pemantauan masalah perbatasan di Nunukan, terutama memantau permasalahan Covid-19, bagaimana penanganannya di perbatasan,” terangnya.

Terpisah, rencana pembangunan jalan dari Malinau, Sarawak ke Brunei Darussalam juga akan melibatkan Pemerintahan Provinsi Kaltara. Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang menilai, koneksi tersebut sangat menguntungkan untuk meningkatkan perekonomian di tiga negara.

“Kita akan bertemu lagi membahas bersama dengan Brunei, lalu Sarawak Malaysia dan juga Malinau. Jika jalan sudah terkoneksi, saya kira perekonomian di Kaltara akan meningkat pesat dan mensejahterakan rakyat,” tandas dia.