Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor. Foto-Ist/TN

 488 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, BALIKPAPAN – Menjelang akhir tahun, identik memasuki musim penghujan. Dan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), salah satu daerah berpotensi terjadi bencana alam harus lebih meningkatkan kewaspadaan.

Bahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kaltim telah mengeluarkan peringatan, bahwa Kaltim memasuki fenomena La Nina atau fase dingin dari El Nino (cuaca panas).

“Namanya, kita ini kan waspada. Hampir semua bencana potensinya ada di Kaltim,” ungkap Gubernur Kaltim, Isran Noor lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (25/11/2020).

Masa pancaroba di musim penghujan ini, lanjutnya, memicu cuaca dingin dan curah hujan cukup tinggi, sehingga mengakibatkan air hujan berlebih dan tidak tertampung.

Maka, kata dia, potensi terjadinya banjir semakin besar juga tanah longsor. Dan, kondisi ini hampir merata di wilayah Kaltim.

Sebaliknya, fase cuaca panas ekstrim akan menimbulkan kebakaran. Terutama, kebakaran di kawasan lahan, hutan dan kebun serta tidak menutup kemungkinan kebakaran di kawasan pemukiman.

Selain itu, tidak menutup bencana alam lainnya bisa terjadi dan tidak dapat diprediksikan seperti bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran.

“Walaupun Kaltim tidak ada gempa. Tapi bencana-bencana lain kita tidak tahu. Namun tetap harus mempersiapkan diri dan melibatkan seluruh unsur,” ujarnya.

Oleh karena itu, langkah antisipasi perlu dilakukan semua pihak, baik pemerintah, aparat Polri dan TNI, swasta (perusahaan) dan masyarakat.

Artinya, upaya mengantisipasi, menghadapi dan menanggulangi ancaman bencana alam ini, pemerintah tidak sendiri.

Tetapi, tegas mantan Bupati Kutai Timur ini, pemerintah daerah bersama Polri dan TNI serta didukung swasta dan masyarakat menyiapkan diri melakukan langkah dan upaya penanggulangan.

“Kita apresiasi jajaran Polda Kaltim sudah melakukan konsolidasi kesiapsiagaan dan antisipasi bencana alam,” tandas Gubernur.

Berita lain untuk anda

Alfons Merasa Dirinya Telah Difitnah Oleh Oknum-Oknum di DPP PKPI Maluku

 477 total views (dibaca)  477 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah seorang pengurus Dewan Pimpinan Kota…

Melawan Lupa.! Fasilitas Pemerintah Belum Dibangun Pasca Aksi Rasisme

 510 total views (dibaca)  510 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Pemerintah provinsi Papua Barat belum bangun kembali merehabilitasi…

OSO Instruksikan Rhony Sapulette Kembali Bagikan Bantuan Bagi Jemaat Anugerah Halong

 523 total views (dibaca)  523 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah satu kader Partai Hati Nurani…

KSP Sahabat Mitra Sejati Aimas Bagikan Paket Sembako ke Pelaku UMKM

 498 total views (dibaca)  498 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat…

Tripika Distrik Ayamaru Samakan Persepsi, Kawal Kamtibmas di Wilayah Ayamaru Raya

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Tatap muka tripika distrik Ayamaru bersama kepala…

Jelang Idul Fitri, Basarnas Manokwari Gelar Apel Siaga SAR Khusus

 488 total views (dibaca)  488 total views (dibaca) Manokwari,TN- Ditengah Negara dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease…

Eks RSUD Kabupaten Sorong Dijadikan Ruang Perawatan Pasien Covid-19

 528 total views (dibaca)  528 total views (dibaca) Sorong, TN- Eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten…

Buntut Tewasnya Tahanan, Anggota Tahti Polres Sorong Kota Bakal Diperiksa

 493 total views (dibaca)  493 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto…

Hari Ketiga Razia Ratusan Pengemudi Merauke Dijaring

 961 total views (dibaca)  961 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Hari ketiga pelaksanaan operasi patuh 2022…

Tujuh Ranperda Disetujui DPRD Maluku Sebagai Perda

 501 total views (dibaca)  501 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang…