Gubenur Sulsel Berjanji Akan Siapkan Arsinum Secara Bertahap

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah saat melakukan meresmikan arsinum di Pulau Samalona secara simbolis sekaligus di dua pulau lainnya yaitu Lanjukang dan Langkai, Senin (14/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berjanji, Instalasi Air Siap Minum (Arsinum) akan disiapkan secara bertahap bagi seluruh masyarakat yang tinggal di daerah kepulauan, yang merupakan salah satu kebutuhan dasar.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulsel saat melakukan meresmikan arsinum di Pulau Samalona secara simbolis sekaligus di dua pulau lainnya yaitu Lanjukang dan Langkai, Senin (14/12/2020).

Nurdin Abdullah mengaku, kebutuhan air minum dan air bersih adalah kebutuhan dasar masyarakat, termasuk pendidikan dan kesehatan.

“Tahun ini ada di Samalona, Lanjukang maupun Langkai. Harapan kita, kebutuhan dasar masyarat itu bisa kita penuhi. Pendidikan, kesehatan, baru kita benahi infrastruktur untuk mendukung pariwisata,” ungkapnya.

Ia menyebutkan arsinum sejak tahun lalu sudah ada di Barrang Caddi. Dan tahun ini di tiga pulau. “Pada tahun 2021 mendatang kita akan semakin tingkatkan sebanyak 21 arsinum,” sebutnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, arsinum akan dikelola langsung oleh masyarakat pulau sendiri serta dilengkapi dengan dengan berbagai fasilitas.

“Arsinum pulau-pulau juga akan dilengkapi dengan dengan berbagai fasilitas seperti rumah ibadah, toilet. Pemerintah harus hadir di masyarakat.” pungkasnya.

Gubernur berharap, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bisa menyiapkan air bersih.

“Saya berharap BPPT akan menyiapkan air bersih untuk masyarakat yang kita instalasi ke rumah-rumah. Jika ini kita sentuh, masalah air puluhan tahun sudah selesai,” tambahnya.

“Setelah ini selesai kita akan ke Kabupaten Pangkep, karena Sulsel ini terdiri dari 330 pulau,” tandas Gubernur.