Gubernur papaua barat meresmikan gereja Ruben Ruben Faitmajin di Maybrat (27/12/2021).

 1,350 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan M.Si didampingi Wakil ketua BP AM Sinode GKI Tanah Papua, Pdt.Heskia Rololo S.Th,M.Th Bupati Maybrat, Dr. Bernard Sagrim ,ketua Klasis Ayamaru Dr Naomi Netty Howay meresmikan dan pentabisan gedung gereja baru GKI Ruben Faitmaijin -Kayahai Klasis Ayamaru Kabupaten Maybrat, Senin (27/12/2021).

Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutanya mengatakan pemerintah provinsi berkomitmen membangun dibidang keagamaan. Pembangunan keagamaan menjadi salah satu dari 9 poin dalam misi pemerintah provinsi Papua Barat.

“Pada poin ke 9 dalam misi pemerintah yaitu menjaga dan meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Misi ini untuk menjaga kondusifitas di Papua Barat. Implementasinya kita wujud kan dengan mengucurkan sejumlah dana untuk membantu dan mendukungkegiatan keagamaan. Baik fisik maupun nonfisik termasuk sinode GKI di Tanah Papua, kata Dominggus

Dominggus di hadapan jemaat Gereja Ruben Faitmajin-Kayahai, juga menegaskan bahwa pemerintah provinsi memberikan porsi yang sama pada 13 kabupaten dan kota. Semua mendapatkan perhatian di segala sektor. Namun proses penyaluran bantuan dilakukan berkesinambungan.

“Banyak sekali proposal dan permohonan yang disampaikan kepada kami. Banyak yang sudah kami jawab. Tapi ada juga yang belum. Yang jelas Pemprov selalu menerima dan mendata secara berkesinambungan dan bertahap. Kita akan membantu,” tutur Mandacan.

Pendeta Yulianus Sraun yang merupakan Ketua Panitia Pembangunan Gereja Ruben Faitmajin, mengapresiasi perhatian gubernur atas pembangunan gereja ini. la menyebut, peletakan batu pertama gereja ini dilakukan Plt Gubernur Papua Barat Irene Manibuiy tahun 2015 silam bersama mantan Ketua Klasis GKI Maybrat Petrus Kabuaya.

“Kini peresmian dan penasbihan dilakukan oleh gubernur Papua Barat, Bapa Dominggus Mandacan hari ini dan ditahbiskan oleh wakil ketua BPAM Sinode GKI Tanah Papua,” kata Penatua Yulianus Sraun.

Gereja ini dibangun kurang lebih Enam tahun. Dananya bersumber dari bantuan hibah provinsi Papua Barat yang kucurkan sejak tahun 2015, 2017 hingga 2020. Total alokasi hibah mencapai Rp. 4,8miliar.
Sumber anggaran dialokasikan dari DPA Biro Kesra Provinsi Papua Barat 2020-2021 sebesar Rp4,834 miliar.


“Jumlah anggaran tersebut termasuk pembangunan gedung Gereja, Rumah Pastori (Hamba Tuhan) dan Pagar Gereja serta MCK,” ujarnya.

Bantuan sosial juga berasal dari Pemerintah Kabupaten Maybrat sebesar Rp250 juta. Termasuk
bantuan dari keluarga besar Kampung Kayahai sebesar Rp285 juta dan swadaya jemaat gereja sebesar Rp300 juta.
“Total pembangunan gereja dan Rumah Pastori sebesar Rp10,4 miliar. Selain itu total dana yang diperoleh untuk peresmian gereja sebesar Rp 909.400.000. Ini bersumber dari bantuan Pemprov Papua Barat serta keluarga besar Kampung Kayahai dan swadaya anggota jemaat,” tuturnya.

Gereja yang baru saja di resmikan gubernur Papua Barat itu dibangun di atas lahan, 6.536 meter persegi mencakup gedung ibadah dengan ukuran 747,34 meter persegi, rumah pastori ukuran 85 meter persegi, ditambah dengan pagar serta penataan halaman gereja dan pengadaan mobiler serta peralatan lain.

“Seluruh jemaat gereja menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Papua Barat dan Pemda Kabupaten Maybrat,” ujar Penatua Yulianus Sraun.

Turut hadir dalam peresmian tersebut yakni Wakil ketua BP Am Sinode GKI Tanah Papua, Pdt.Heskia Rololo S.Th,M.Th, didampingi Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan M.Si , Bupati Maybrat, Dr. Bernard Sagrim , Walikota Sorong Drs Lambert Jitmau MM, Raja Kambuaya prof Bert kambuaya ,ketua Klasis Ayamaru Dr Naomi Netty Howay, anggota DPRD provinsi Papua Barat Karel Murafer SH, MA, Anggota DPRD fraksi Otsus Papua Barat Agustinus Kambuaya SE,Sekda kabupaten Sorong Selatan Dance Nauw SP,M.Si. ketua DPRD kabupaten Maybrat Ferdinando Solossa SE, ketua DPRD kota Sorong Petronela Kambuaya S.Pd,M.Pd.

Berita lain untuk anda

ODP di Malut Meningkat Sementara PDP Turun

 1,695 total views (dibaca)  1,695 total views (dibaca) Ternate, TN – Orang Dalam Pemantauan (ODP) akibat virus…

Yonif RK 762/VYS Gelar Lomba Fotografi, Total Hadiah Rp15 Juta

 1,814 total views (dibaca)  1,814 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.CON,SORONG – Batalyon Infanteri Raider Khusus 762/Vira Yudha Sakti…

Petani Merauke Ikuti Bimtek Penguatan Kapasitas

 1,380 total views (dibaca)  1,380 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian…

Puskesmas Ayamaru Deteksi Kesehatan Usia Dini di Sekolah

 1,679 total views (dibaca)  1,679 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Puskemas Ayamaru melakukan kegiatan penjaringan kesehetan…

Gaji Honor Belum Dibayar, Kasatpol PP Merauke Minta Kebijakan Bupati

 1,539 total views (dibaca)  1,539 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kasatpol PP Kabupaten Merauke, Elias Refra…

Ratusan Desa di Maluku Belum Teraliri Listrik, Ini Kata Komisi II

 548 total views (dibaca)  548 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Hingga saat ini, sebanyak 288 desa…

Sambut Peserta Yacht Rally Sail 2 Indonesia, Pemkot Ambon Gelar Gala Dinner

 2,055 total views (dibaca)  2,055 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Selasa…

LBH Kaki Abu Siap Layangkan Surat Ke Mabes Polri, Ombudsman, dan Komnas Ham Terkait hal ini !

 4,096 total views (dibaca)  4,096 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kaki…

Binmas Noken Tinjau Ternak Warga di Nduga

 2,081 total views (dibaca)  2,081 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM JAYAPURA – Program kesejahteraan untuk anak negeri (Kasuari)…

Pojok UMKM Binaan BI Papua Barat Diresmikan

 1,476 total views (dibaca)  1,476 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Sektor Usaha Mikro Kecil, dan…