Berita

Gempa Susulan Magnitudo 4,7 Kembali Guncang Wilayah Sorong

×

Gempa Susulan Magnitudo 4,7 Kembali Guncang Wilayah Sorong

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Wilayah Sorong kembali diguncang gempabumi tektonik pada Minggu (19/12/2021). Gempa ini merupakan gempabumi susulan M5.5 pukul 03:26:03 WIT tanggal (19/12/2021).

1461
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Hingga pukul 16.05 WIT, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 58 aktivitas gempabumi susulan. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat  0,66 ° LS dan 131,53° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 35 km Timur Laut Kota Sorong, Provinsi Papua Barat pada kedalaman 10 km.

Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas Sesar Sorong.
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. 

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangungan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” Demikian imbauan BMKG.