DWP Pemerintah Kota Ambon bekerjasama dengan PMI Kota Ambon, saat melaksanakan aksi donor darah, di ruang Unit Layanan Administrasi (ULA), Selasa (7/3/2023). Foto-Ist/TN

 920 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemerintah Kota Ambon bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon, melaksanakan aksi donor darah dengan melibatkan para ASN, dan tenaga kontrak, di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Unit Layanan Administrasi (ULA), Selasa (7/3/2023).

Ketua DWP Kota Ambon, Yohana G. Pakereng mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dampak kesehatan bagi semua, baik yang melakukan aksi donor darah, maupun mereka yang membutuhkan kantung-kantung darah tersebut.

“Kegiatan donor darah ini akan berdampak nantinya pada kesehatan kita yang melakukan pendonoran, dan berkat bagi mereka yang membutuhkannya. Hal ini tentunya sesuai dengan moto kami yakni ‘Kita Sehat Mereka Selamat’,” kata dia.

Dia mengaku, kegiatan ini merupakan program dari Bidang Sosial Budaya DWP, yang direncanakan akan berlangsung per triwulan dalam setahun, dan terlaksana selama satu hari.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan tiga bulan sekali, jadi akan ada lagi di bulan Juni, September, dan Desember. Dan kantung-kantung darah ini akan diberikan kepada PMI, yang kemudian akan didistribusikan ke rumah sakit atau masyarakat yang membutuhkan,” ucap Pakereng.

Sementara itu, Plt. Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Ambon, Vensca Lesnussa mengaku, dirinya bersyukur, lantaran melalui kegiatan ini stok darah di PMI bisa tertangani, guna membantu masyarakat.

“Target kami 50 kantong, tapi yang baru terkumpul 20 kantung. Meski begitu kami berterimakasih kepada DWP, yang telah membantu pelaksanaan aksi ini,” ujar dia.

Untuk diketahui tenaga kesehatan yang membantu untuk melaksanakan aksi donor darah ini sebanyak 10 orang yang disiapkan oleh PMI Ambon.