Gandeng Dinkes, Satgas TMMD 113 Kodim Tidore Sosialisasi Pos Bindu PTMĀ 

TEROPONGNEWS.COM, MALUT – Satgas TMMD ke-113 Kodim 1505/Tidore sangat peduli dengan kesehatan warga, Seperti yang dilakukan kegiatan sosialisasi tentang Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kantor Desa Fanaha, Kecamatan Oba Tengah, Kota Tikep, Kamis (02/06/2022).

Kepala Puskesmas Akelamo Ibu Ratna Saman, sebagai pembicara menerangkan bahwa PTM merupakan penyakit yang sering tidak terdeteksi, karena tidak ada gejala maupun keluhan, seperti hipertensi, diabetes dan stres maupun gangguan jiwa.

“Penyakit ini biasanya ditemukan dalam tahap lanjut sehingga sulit disembuhkan dan berakhir dengan kecacatan atau kematian dini,” ujarnya.

Penyakit Tidak Menular, ujar Ibu Ratna Saman dapat dicegah melalui pengendalian faktor risiko yaitu merokok, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak sehat dan konsumsi alkohol, Makan berlebihan, Ujarnya.

“Peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM. Pemberdayaan dan peran serta masyarakat ini terwadahi melalui kegiatan Posbindu PTM ini,” ujarnya.

Tujuan Posbindu ini, lanjut Ratna Saman, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuain dini faktor risiko PTM. 

Sementara Dan SSK Satgas TMMD ke 113 Kapten Inf Andri Gusti Wijaya, Mengajak kepada Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang hadir ” Marilah kita hidup sehat dari sekarang, Seperti olahraga yang teratur, pola makan yang cukup, Istirahat yang cukup, kurangi Merokok, kurangi Minum Alkohol dan kurangi begadang”, ujar Andri.

Kegiatan yang dihadiri, Dan SSK Satgas TMMD Kapten Inf Andri Gusti Wijaya, Kepala Puskesmas Akelamo Ibu Ratna Saman, Sekdes Fanaha Bapak Hasbur Muhammad, para perangkat Desa Fanaha serta masyarakat dari Desa Fanaha dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.