Galala Raih Juara di Lomba Desa Pelaksana 10 Program PKK

Foto bersama Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Penjabat Ketua TP-PKK, Lisa Wattimena, dengan para pemenang lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Ambon Tahun 2022. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, keluar sebagai juara dalam lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Ambon Tahun 2022.

Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah dilakukan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, dan Penjabat Ketua TP-PKK, Lisa Wattimena, yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Selasa (18/10/22).

Selain Desa Galala ada juga 4 desa lainnya yakni Negeri Hukurila yang menduduki posisi kedua, Negeri Tawiri yang mendapatkan juara ketiga, harapan satu duduki oleh Negeri Nusaniwe, dan juara terakhir atau atau harapan dua diraih oleh Desa Latta.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam sambutannya mengatakan, saat Kota Ambon telah memiliki pemenang yang nantinya akan mewakili kota ini ke tingkat provinsi. Sehingga dirinya meminta TP-PKK dan jajaran OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot), untuk dapat bersinergi guna mendampingi, memberikan arahan, serta memperbaiki berbagai kekurangan yang ada.

“Supaya membuktikan bahwa Desa Galala sebagai juara satu layak untuk mewakili Kota Ambon, ke tingkat Provinsi Maluku,” ungkapnya.

Olehnya itu, guna mempersiapkan Desa Galala dalam mengikuti perlombaan tingkat provinsi, maka bersama TP-PKK dan OPD, dapat bersinergi mewujudkan semua variabel, sehingga memenuhi syarat dan ketentuan penilaian oleh tim.

“Hal-hal yang perlu dibenahi, ada empat kelompok kerja di PKK. Jadi soal administrasi, pelaksanaan peningkatan kapasitas pendamping KDRT, kemudian Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), juga dokumentasi yang diperlukan untuk misalnya tanaman atau tumbuhan yang produktif didalam pot, kemudian peternakan, dan pengemasan UMKM,” jelasnya.

Hal ini, kata Penjabat Wali Kota, tentu saja akan berlaku pada 30 Desa, Negeri, yang berada dilingkup Kota Ambon, dengan tujuan agar 10 program PKK yakni, penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat, dapat terlaksana dengan baik.

“Ini tak hanya akan dilakukan oleh Desa Galala saja, tapi sekaligus membenahi seluruh Desa/Negeri di Kota Ambon,” tandasnya.

Penjabat Wali Kota berjanji, akan mengikuti proses penilaian oleh tim penilai Provinsi Maluku, agar Desa Galala mendapatkan nilai bonus lantaran kehadirannya.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP-PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena berharap, kegiatan ini dapat mendukung perubahan dan meningkatkan kemajuan yang berdampak positif, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan keluarga.

“Saya beharap, bahwa pelaksanaan 10 program pokok PKK ini hanya dilaksanakan pada saat lomba, tetapi harus dilaksanakan secara terus-menerus serta tetap menjaga sinergitas dengan Pemkot Ambon, agar semua yang dilaksanakan oleh TP-PKK dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan ketahanan keluarga pada desa, negeri, kelurahan, hingga kecamatan,” harapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan penilaian perlombaan desa pelaksana terbaik 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku akan dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang.