Gabung PSI, Helmy Yahya Jadi Caleg DPR RI Dapil Sumsel I

Presenter senior Helmy Yahya bergabung sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (foto: PSI.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Mantan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya resmi bergabung sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia langsung dipercaya menempati posisi anggota Dewan Penasihat DPP PSI sekaligus juru bicara (Jubir) parpol berjaket merah itu.

Helmy mengaku sudah didaftarkan sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Dapil Sumatera Selatan (Sumsel) I di Pemilu 2024 mendatang.

Untuk diketahui, Dapil Sumsel I meliputi wilayah Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan Lubuklinggau.

“Selain Jubir, kami di Dewan Penasihat. Kami diminta memperjuangkan PSI. Saya memperjuangkan PSI di Dapil I, Palembang, kampung saya,” kata Helmy di Kantor DPP PSI, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Presenter senior itu pun mengungkap alasannya pilih gabung dengan PSI. Helmy mengaku membidik kursi anggota DPR untuk melakukan perubahan terhadap berbagai kebijakan. Oleh karena itu ia merasa harus menjadi kader partai politik.

Helmy juga mengaku memerhatikan isu pemberantasan korupsi. Menurut dia, PSI menjadi partai politik yang fokus dan memiliki platform terhadap isu pemberantasan korupsi selama ini.

Selain itu, PSI juga memperkenalkan Ketua Komunitas Civil Society Indonesia Irma Hutabarat sebagai kader PSI.

Belakangan ini Irma tampak aktif mengadvokasi kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang didalangi oleh mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo.

Irma juga akan menjabat sebagai Jubir sekaligus dewan penasihat PSI. Irma mengatakan maju sebagai calon anggota legislatif PSI dari Dapil Sumatera Utara II.

“Bahwa Irma dan Helmy ditetapkan sebagai dua jubir utama PSI dengan isu yang mereka kuasai,” kata Ketum PSI Giring Ganesha.