430 total views (dibaca)

Ternate, TN – Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate, M. Saiful Arsyad membantah kabar yang beredar terkait rapat Forkompimda awal pekan kemarin, untuk membahas penyiapan lahan kuburan.

Arsyad menegaskan, rapat Wali Kota Ternate bersama Forkopimda yang dilaksanakan Senin, 23 Maret kemarin, bukan untuk membahas penyiapan lahan kuburan.

Rapat tersebut dilakukan untuk mengevaluasi langkah penanganan yang sudah dilakukan, dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate, sekaligus menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Soal wacana penyiapan lahan kuburan itu disampaikan oleh pj. Sekda dipenghujung rapat tersebut, sebagai bagian yang harus dipikirkan apabila terjadi hal yang buruk. Akan tetapi, tidak ditanggapi secara serius,” kata Saiful kepada wartawan, di Ternate, Kamis (26/3).

Menurutnya, hal yang lebih serius yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain, bagaimana memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam mendukung upaya pencegahan virus Corona, melalui social distancing.

“Dan disepakati dilakukan himbauan melalui Lurah, Babinsa dan Bhabinkantibmas yang ada di setiap Kelurahan. Selain itu, memperketat dan meningkatkan pemeriksaan kesehatan di setiap pintu masuk baik udara maupun laut, penyiapan wadah cuci tangan dan penyemprotan disinfektan di tempat-tampat umum, serta menghimbau dunia usaha terutama perbankan untuk selalu melakukan strelisasi mesin ATM yang dimiliki, serta menyiapkan wadah cuci tangan dan hand sanitizer,” terang Saiful.

Disamping itu, juga dibahas terkait ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat sehingga tetap terpenuhi. “Soal ini langsung ditindak lanjuti dengan melakukan sidak pada sejumlah pusat perbelanjaan dan Bulog,” jelasnya.

Setelah rapat tersebut dilanjutkan dengan rapat bersama para lurah, Danramil, Kapolsek, Babinsa dan Bhabinkantibmas, untuk menindaklanjuti pelaksanaan sosialisasi di masyarakat.

“Sejauh ini sosialisasi sudah dilakukan di kelurahan masing-masing melalui himbauan di masjid-masjid, dan dengan berkeliling di setiap RW/RT,” katanya.

Dia mengaku, dalam beberapa hari ini Tim Gugus Kota Ternate bersama Satpol PP, Damkar dan instansi terkait melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan permukiman sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pemerintah Kota Ternate berharap, agar seluruh masyarakat ikut berpartisipasi bersatu padu mendukung langkah pencegahan virus Corona, dengan mentaati himbauan pemerintah yang sudah dikeluarkan terutama tidak berada diluar rumah, kecuali urusan yang sangat penting.

“Menghindari kerumunan, dan jaga jarak berkomunikasi serta dilarang melakukan pesta atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang,” ujar Saiful.

Selain itu dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya informasi yang tidak jelas sumbernya. “Mari bersatu mencegah penyebaran virus Corona, untuk kepentingan dan kebaikan bersama,” imbaunya.

Berita lain untuk anda

Selama 2020, BPJS Ketenagakerjaan Merauke Membayar Klaim Sebesar Rp 27, 2 Miliar

 450 total views (dibaca)  450 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Besaran klaim yang telah dibayarkan BPJS…

Astaga! Sembilan Daerah di Kaltim Masuk Zona Merah

 426 total views (dibaca)  426 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Per 20 Desember 2020, dari 10…

Gus Muhaimin Serap Aspirasi Masyarakat Papua Barat Lewat Roadshow Politik

 427 total views (dibaca)  427 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin…

SMP Muhammadyah Merauke Potong Lima Ekor Hewan Kurban

 411 total views (dibaca)  411 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – SMP Muhammadyah Merauke rutin melakukan pemotongan…

Demo Tolak Pemekaran DOB dan Otsus di DPRD Kota Sorong, Masa Dibubarkan Polisi

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ratusan pemuda dan mahasiswa Sorong Raya…

Anggota DPR RI Rico Sia Sikapi Kelangkaan BBM

 3,761 total views (dibaca)  3,761 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota Komisi VII DPR RI, Rico Sia…

Dinas Perhubungan Kota Sorong Buka Pelayanan Uji KIR

 536 total views (dibaca)  536 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dinas Perhubungan kota Sorong saat ini membuka…

Apresiasi Dua Perusahan Migas, Bupati Kasihiw Berharap Partisipasi Perusahan Lain

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) Bintuni,TN- Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyampaikan apresiasi terhadap manajemen…

Operasi Patuh Mansinam 2021, Polres Raja Ampat Kedepankan Pendekatan Humanis Disertai Teguran

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam 2021 oleh…

Saluran Air Macet, Komplek Rumah Wakil Bupati Kumuh Dengan Sampah

 419 total views (dibaca)  419 total views (dibaca) Aimas, TN – Para relawan dari Forum Peduli Rakyat…