Februari 2022, Kota Ambon dan Tual Alami Deflasi

Logo Badan Pusat Statistik (BPS). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Berdasarkan rilisan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, pada Februari 2022, dari 90 Kota IHK di Indonesia, tercatat 37 kota mengalami inflasi dan 53 kota mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kupang sebesar 0,65 persen. Inflasi terendah terjadi di Kota Tanjung Selor sebesar 0,01 persen,” ungkap Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Maluku, Jessica Pupella kepada wartawan, di Ambon, Kamis (10/3/2022).

Deflasi tertinggi terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 2,08 persen. Deflasi terendah terjadi di Kota Palangkaraya, Kota Tarakan, dan Kota Palembang sebesar 0,01 persen.

Kota Ambon, kata dia, mengalami deflasi sebesar 0,44 persen dengan IHK 109,67. Kota Tual mengalami deflasi sebesar 1,12 persen dengan IHK 109,32.

“Dari 90 Kota IHK, ranking IHK Kota Ambon turun ke posisi 18. Ranking IHK Kota Tual juga turun ke posisi 21,” beber Pupella.

Inflasi bulanan Kota Ambon berada pada ranking ke-72, inflasi tahun kalender pada ranking ke-79, inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-3.

Inflasi bulanan Kota Tual berada pada ranking ke-87, inflasi tahun kalender pada ranking ke-87, inflasi tahun ke tahun pada ranking ke-28.

Lebih lanjut Pupella menambahkan, sepuluh komoditas utama yang mengalami penurunan harga atau memberikan andil terbesar terhadap deflasi Kota Ambon pada Februari 2022 diantaranya adalah: ikan layang, ikan selar, cabai rawit, ikan cakalang, sawi hijau, ikan tongkol, bayam, biaya pulsa ponsel, dan kangkung.

“Sepuluh komoditas yang mengalami penurunan harga pada Februari 2022 dan memberikan andil terbesar terhadap deflasi Kota Tual adalah: ikan layang, ikan kembung, angkutan udara, ikan tongkol, kangkung, ikan baronang, telur ayam ras, minyak goreng, air kemasan, dan daun singkong,” tandas Pupella.