Penyerahan chek tunai dari Ketua Badan Ketananan Nasional dan Internasional RI kepada perwakilan daerah untuk pembangunan Faskes kesehatan usia lanjut berbasis wisata dan ekologi di Merauke. Foto- Getty/TN

 1,022 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di Kabupaten Merauke, akan ada tiga titik wilayah kampung yang nanti dibangun fasilitas kesehatan usia lanjut berbasis wisata dan ekologi se-nusantara.

Fungsinya, selain menerima wisatawan usia lanjut dari luar negeri, para lansia lokal sendiri juga akan menikmati fasilitas tersebut. Karena bangunan dilengkapi dengan layanan kesehatan yang nantinya akan diberikan secara gratis bagi para lansia tidak mampu yang akan berobat di sana.

Untuk itu, Rabu (11/11/2020) Tim Badan Ketahanan Nasional dan Internasional RI, dipimpin oleh Raden Mas Tri Harsono bersama Pemkab dan perwakilan tokoh adat, agama dan masyarakat menggelar deklarasi pembangunan fasilitas kesehatan usia lanjut berbasis wisata dan ekologi di Mako Brimob Merauke.

“Alhamdulillah, di Merauke ada tiga titik yang nanti dibangun,” ujar Raden Tri pada sela-sela kegiatan.

Dikatakan, dasar untuk pembangunan faskes ini pertama, sebagai anak bangsa Indonesia harus bangga punya semangat memiliki bangsa sendiri. Kedua, menghormati para pejuang, orang tua yang telah memberikan jasanya demi kemajuan bangsa. Dan ketiga, untuk mengurangi utang negara dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten setempat.

Sebelum dibangun, tim melakukan survey di tiap kabupaten terutama yang sudah siap. Khususnya, lahan, persyaratan dan persetujuan dari masyarakat kampung sekitarnya.

Usai dibangun, selanjutnya akan dikelola oleh Badan Ketahanan Nasional dan Internasional RI melalui pihak ketiga yang dipercayakan mengelola. Pihak ketiga akan serahkan keuangan ke KAS Badan Ketahanan Nasional dan Internasional RI, dan selanjutnya akan kembali memberikan kontribusi kepada daerah.

“Untuk satu titik bangunan diluar dari alat medis, akan menyerap anggaran 80-90 miliar. Luasan per titik 5 hektare. Sementara baru 135 titik yang sudah pasti akan dibangun bahkan sebagian sudah diterbitkan cek,” terang Raden.

Bagi wisata asing yang berkunjung ke Indonesia, akan dibatasi hanya selama enam bulan. Selebihnya harus mengurus ijin wisata kembali.

“Tujuan kita untuk mengurangi utang negara, dan bagaimana kita melayani para lansia luar negeri. Satu lansia asing dikenakan 100 juta selama 6 bulan ” tuturnya.

Kesempatan yang sama, Tim sekaligus menyerahkan cek tunai, yang nantinya akan dicairkan secara serentak di seluruh nusantara. Diharapkan pembangunannya dilaksanakan lebih cepat agar segera dimanfaatkan lansia wisatawan asing maupun lansia lokal.

“Namun, sebelum dibangun harus punya rencana desain tata ruang,” ujar Asisten 2 Bupati Merauke, Ir. H.B.L Tobing dalam arahannya mewakili Pemda Merauke.

Sementara Kasimirus Gebze mewakili tokoh masyarakat adat menyampaikan rasa senang serta terima kasih sebab daerah perbatasan mendapat perhatian dari pusat yaitu adanya program bagi para orang tua atau lansia.

“Hari ini saya baru dengar ada program untuk para lansia di kampung-kampung. Kami sangat respon tujuan program ini,” ucap Kasimirus.

Berita lain untuk anda

Masyarakat Kaltara Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

 1,060 total views (dibaca)  1,060 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TARAKAN – Jelang akhir tahun, ada dua momen…

DPW Perindo Papua Mantapkan Konsolidasi Hadapi Pemilu 2024

 1,012 total views (dibaca)  1,012 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SENTANI– Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo)…

Andi: Karena Fasilitator, Importasi Bantuan ke Sulsel Berjalan Baik

 1,087 total views (dibaca)  1,087 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi…

Pemkab Raja Ampat Larang Kapal Belibis Beroperasi Sementara Waktu

 1,419 total views (dibaca)  1,419 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pemberhentian sementara operasional armada kapal PT.Belibis…

B-One Distro Gandeng RS Mutiara Bagikan Masker Gratis

 973 total views (dibaca)  973 total views (dibaca) Sorong TN – B-One Distro gandeng Rumah Sakit Mutiara…

Gubernur Bertindak Sebagai Irup HUT Provinsi Maluku ke-76

 1,018 total views (dibaca)  1,018 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail bertindak sebagai…

Program Mutiara Pattimura Diperkenalkan ke DPRD Maluku

 1,080 total views (dibaca)  1,080 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon…

Berkas Perkara Kasus Penganiayaan P21, Mantan Kapolsek Sorong Barat Segera Disidang

 1,073 total views (dibaca)  1,073 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM – SORONG – Kasus penganiayaan yang dilakukan…

Kapolsek Merauke Kota Berinovasi Menanam Dengan Hidroponik dan Budidaya Ikan

 1,110 total views (dibaca)  1,110 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Situasi Pandemi Covid-19 dewasa ini, mengharuskan…

Ini Persentase Hak Disabilitas Dari Jumlah Kuota CPNS 2021 di Sulsel

 1,058 total views (dibaca)  1,058 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi…