Berhasil dievakuasi_Salah satu korban meninggal dunia akibat kerusuhan di Kabupaten Dogiyai. Foto-Ist/TN

 2,369 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, DOGIYAI – Sebanyak enam korban berhasil dievakuasi aparat keamanan pasca kerusuhan serta pembakaran yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua. Para korban merupakan pekerja jalan CV Mandiri Papua dan CV Fajar Mustika.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H mengatakan, para korban berhasil dievakuasi setelah dilakukan proses pencarian oleh personil Polres Dogiya, BKO Brimob dan Satgas Damai Cartenz.

“Pencarian berlangsung dari pukul 08.30 WIT hingga 19.00 WIT, dilakukan di sekitaran TKP pembakaran yang dilakukan oleh massa dan ditemukan 6 korban,”terang kabid humas dalam keterangannya yang diterima teropongnews.com, Minggu (13/11/2022).

Kabid humas merincikan, korban yang ditemukan terdiri dari lima pekerja yaitu M. Nasir (34), Alif Padang (48), Randa (37), Lukman (21), Willy (35), dan seorang penjaga kios bernama Ikbal.

“Untuk korban M. Nasir, Alif dan Randa ditemukan sekitar pukul 12.43 WIT di rumah milik Pastoran di Kampung Bukapa, mereka bertiga diamankan masyarakat sekitar setelah berhasil melarikan diri dari amukan massa,”ungkap kabid humas.

Pada sore harinya, lanjut Kombes Kamal, ditemukan dua karyawan lainnya yakni Lukman dan Willy yang dibawa oleh anggota DPRD, Simon Petrus Pikey ke Polres Dogiyai.

“Lukman dan Willy diketahui pada saat kejadian menyelamatkan diri ke gereja bersama dua teman lainnya, namun karena adanya informasi bahwa massa akan ke gereja, seorang pendeta menyembunyikan mereka di tengah kebun, namun pada saat itu juga dia teman lainnya tersebut terpisah dari mereka sehingga tidak diketahui persembunyiannya,”ungkap kabid humas.

Setelah dirasa aman, aku kabid humas, korban Lukman dan Willy kemudian menuju ke arah Gunung Ugapua untuk bersembunyi dan ditemukan oleh seorang guru yang kemudian guru tersebut membawa kedua korban ke anggota DPRD, Simon Petrus Piket untuk diserahkan ke Polres Dogiyai.

“Korban Lukman diketahui mengalami luka bacok dan mengalami patah tulang pada tangannya akibat dilukai salah seorang oknum masyarakat, sedangkan Willy hingga kini masih mengalami trauma,”ungkapnya.

Tidak hanya itu, ketika dilakukan pencarian pada malam hari, ditemukan satu korban lain yakni Ikbal di sekitaran Kampung Ikebo namun dalam kondisi sudah terkubur tidak jauh dari rumahnya yang sudah hangus terbakar.

“Mayat saudara Ikbal kami temukan di dalam tanah dengan kondisi terkubur secara tak layak. Kami mengetahui hal tersebut juga atas informasi yang diberikan oleh Bapak Simon Petrus Pikey,”ungkap Kombes Pol Kamal.

Saat ini, lanjutnya, korban selamat telah diamankan di Mapolres Dogiyai bersama masyarakat lainnya. Sedangkan korban meninggal telah diserahkan ke pihak keluarga untuk selanjutnya disemayamkan di kampung halamannya.

“Masih terdapat lima pekerja yang belum ditemukan dan diketahui kondisinya, yakni Refli, Iwan, Apus, Roni dan Joni. Pencarian akan terus dilakukan,”tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, kerusuhan di Kabupaten Dogiyai terjadi akibat tewasnya seorang anak berumur 5 tahun akibat ditabrak truk pada Sabtu (12/11/2022) lalu.

Berita lain untuk anda

Gelar Rakersis, GPI Sorong-Manokwari Fokus Pengembangan Ekonomi

 1,482 total views (dibaca)  1,482 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Gereja Protestan Indonesia (GPI) Papua Sorong-Manokwari menggelar…

Tidak Punya Surat Ijin Masuk Sorong , Tiga Penumpang Kapal Dipulangkan

 1,435 total views (dibaca)  1,435 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Tiga orang penumpang KM. Gunung Dempo Kamis…

Di Bulan Suci Ramadhan, Pemkab Sorong Tebar Kebaikan ke Tokoh Agama

 1,507 total views (dibaca)  1,507 total views (dibaca) Aimas, TN – Pemerintah Kabupaten Sorong terus menebar kebaikan…

Dispora Maluku Rencananya Akan Bangun Kantor Definitif

 1,434 total views (dibaca)  1,434 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi…

Wali Kota Makassar Harap Satpol PP Bisa Berkomunikasi Humanis Dengan Warga

 1,459 total views (dibaca)  1,459 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh.Ramdhan “Danny” Pomanto…

Michael Wattimena : Partai Demokrat Sepenuhnya Mendukung Pemekaran DOB Papua Barat Daya

 1,182 total views (dibaca)  1,182 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Partai Demokrat pada prinsipnya mendukung penuh pemekaran…

Ini Bentuk Perhatian Pemprov Sulsel Bagi Korban Gempabumi Sulbar

 1,491 total views (dibaca)  1,491 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat korban…

Bupati Kasihiw Sebut C-19 Merupakan Musuh Yang Harus Dilawan

 1,439 total views (dibaca)  1,439 total views (dibaca) Bintuni,TN– Corona virus disease 2019 (COVID-19) merupakan musuh manusia…

Pemprov Kaltara Akan Jadikan Situs Perang Dunia II Ini Sebagai Destinasi Wisata

 1,397 total views (dibaca)  1,397 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Jejak Perang Dunia ke II…

Akses Penerbangan Di Bandara DEO Sorong Bakal Dibuka Minggu Depan

 1,490 total views (dibaca)  1,490 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Akses penerbangan di Bandar Udara…