Berita

Empat Raja Defenitif di Ambon Bakal Dilantik

×

Empat Raja Defenitif di Ambon Bakal Dilantik

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Ambon, dalam rangka HUT ke-447, Selasa (6/9/2022), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Ambon, Belakang Soya. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena berjanji, dalam waktu dekat akan melantik raja defenitif di empat negeri yang ada di Kota Ambon, masing-masing Negeri Urimessing, Naku, Hative Besar, dan Laha.

1560
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Dalam bulan September ini kami akan melantik Raja Negeri Urimessing, diikuti dengan pelantikan Raja Negeri Naku, Raja Hative Besar dan Raja Negeri Laha,” ungkapnya dalam pidatonya saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Ambon, dalam rangka HUT ke-447, Selasa (6/9/2022), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Ambon, Belakang Soya.

Diungkapkan, pelantikan kepala pemerintahan negeri atau raja di beberapa negeri, merupakan agenda penting yang belum dapat diselesaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu, menurutnya, turut menganggu proses pembangunan dan pelayanan masyarakat di negeri. “Belum adanya kepala pemerintahan negeri atau raja definitif, sangat mengganggu proses-proses pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Hingga saat ini, Negeri Latuhalat di Kecamatan Nusaniwe menjadi contoh keberhasilan Penjabat Wali Kota dalam upaya menghadirkan raja defenitif. Pasalnya proses tersebut sempat tertunda sejak tahun 2020.

“Setelah melalui koordinasi dan dialog dengan tokoh-tokoh masyarakat serta tokoh-tokoh agama, maka pada Juni 2022 lalu telah dilakukan proses pelantikan Raja Latuhalat,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain ke empat negeri yang akan segera Dilantik raja defenitifnya, masih ada beberapa negeri lain yang hingga kini belum memiliki raja defenitif yakni Negeri Tawiri, Rumah Tiga, Passo, Batu Merah, Seilale, dan Amahusu.