Ekowisata Sagu dan Negeri Adat Hatu Rutui Hantarkan Negeri Rutong Masuk 10 Besar API Award 2022

Potret dua kategori yang masuk nominasi 10 besar API Award 2022.

“Mohon dukungan SMS dari seluruh masyarakat Maluku, Ketik : API 11D Kirim ke 99386 untuk Kategori Kampung Adat HATU RUTUI-Kota Ambon dan Ketik : API 9G Kirim ke 99386 untuk kategori Ekowisata”

TEROPONGNEWS.COM, AMBON- Anugerah Pesona Indonesia (API) telah diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya. Anugerah Pesona Indonesia telah menjadi ajang Nasional bergengsi Apresiasi Pariwisata dan terbesar di Indonesia.

API Award digagas Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI 
untuk mengeksplor potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, yang selama ini masih tersembunyi dan belum dieksplor.

Dilansir situs resmi Pemkot Ambon, pada ajang bergengsi API Award 2022, Negeri (kampung) Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) berhasil masuk 10 besar nominasi terbaik, sekaligus mewakili Kota Ambon Maluku ada dalam deretan ajang bergengsi tersebut.

Negeri Rutong pada kategori Ekowisata, dengan komoditi Sagu, Rutong ada dalam nominasi bersama, Batang Gadis kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara – Depati VII Coffee, kota Sungai Penuh Jambi – Desa Bentayan kabupaten Bentalis Riau – Ekowisata Pemberian kabupaten Pesisir Barat Lampung – Geopark Silokek kabupaten Sijunjung Sumatera Barat – Kebun Jeruk Siompu kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara – Tahura Lae Kombih Kota Subulussalam Aceh – Telaga Warna kabupaten Sukabumi Jawa Barat – TWP Purbasari Pancuran Mas kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Sedangkan untuk kategori Kampung Adat, Negeri Rutong Kota Ambon Maluku ada dalam nominasi bersama Desa Boti kabupaten Timur Tengah Selatan NTT – Desa Rambusaratu kabupaten Mamasa Sulawesi Barat – Dusun Duo Datai Talang Mamak Kabupaten Indragiri Hulu Riau – Huta Godang kabupaten Mandaili Natal Sumatera Utara – Kampung Adat Pesemah Air Keruh kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan – kampung Adat Wabula kabupaten Buton Sulawesi Tenggara – Kampung Tua Sowek kabupaten Supiori Papua – Kesepuhan Girijaya kabupaten Sukabumi Jawa Barat – Rumah Betan Nihan Hilir kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler berharap, masyarakat Kota Ambon khususnya dan Maluku pada umumnya dapat membantu memberikan dukungan sebanyak-banyaknya lewat cara apapun bagi dua kategori itu, sehingga Negeri Rutong bisa jadi pemenang.

“Sudah jadi kewajiban Pemkot Ambon untuk mendukung penuh. Demikian juga warga kota harus mendukung. Berikan sebanyak mungkin dukungan atau vote pada semua media sosial atau via SMS. Agar Rutong yang adalah bagian dari Kota Ambon, Maluku dapat menjuarai API Award 2022,” ujarnya Selasa (9/5/2022).

Terpisah, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse juga mengajak warga Kota Ambon dimana saja berada, baik didalam maupun luar negeri, agar memanfaatkan waktu 7 bulan ini untuk kirim SMS sebanyak mungkin, sebagai bentuk dukungan bagi potensi ekowisata dan kampung adat di Negeri Rutong yang masuk API Award 2022.

Dimana, tahun lalu Ambon sukses menang di kategori atraksi budaya dengan mengusung kegiatan Sound Of Green (SoG) yang digagas AMO dan bekerjasama dengan berbagai pihak hingga menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Kota Ambon.

“Semua berkat dukungan atau vote bapak/ibu warga kota. Maka untuk kali ini juga, Pemerintah Kota (Pemkot) berharap lagi dukungan basudara samua warga kota Ambon dan Maluku bagi Negeri Rutong pada dua kategori di API Award 2022. SMS sebanyaknya. Agar Ambon lewat Negeri Rutong bisa jadi kebanggaan,” pintanya.

Diketahui, API Award 2022 ada 18 kategori, selain ekowisata dan kampung adat, juga makanan tradisional, minuman tradisional, cinderamata, destinasi belanja, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, wisata olahraga dan petualangan, wisata air, dataran tinggi, situs sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru dan surga tersembunyi.