Edoardus Kaize Serahkan Bantuan Kepada Warga Asmat di Merauke

Prosesi pembakaran karung oleh mama Asmat di Pitu Air Pelabuhan Merauke.Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Ketua 1 DPR Papua Fraksi PDI Perjuangkan Dapil VII, Edoardus Kaize menyerahkan bantuan alat tangkap ikan berupa jaring kepada masyarakat Asmat yang ada di Pintu Air Pelabuhan Merauke.

Bantuan ini diberikan setelah mendapat keluhan dari warga setempat tentang adanya penilaian publik bahwa para pemulung yang kebanyakan dari warga Asmat dicap sebagai pencuri barang orang untuk dijual kembali. Dan penilaian itu sangat menyakiti perasaan para pemulung Asmat sehingga mereka minta agar diberikan bantuan alat tangkap dan perahu agar kebiasaan memulung beralih ke menjaring atau nelayan.

“Setelah dua bulan lalu saya ketemu dengan semua tokoh dan menjaring permintaan mereka, hari ini kami datang membawa bantuan jaring. Tapi kebetulan bertepatan dengan masa reses dari Anggota Komisi II DPR RI, Bapak Komarudin Watubun maka kita jalan bersama, sehingga kita kasi bantuan 39 jaring dan empat perahu,” ujar Edoardus usai penyerahan bantuan, Selasa (10/5/2022).

Kesempatan yang sama, perwakilan mama-mama Asmat melakukan pembakaran karung sebagai simbol bahwa mereka telah beralih dari pemulung ke menjaring. Kegiatan disaksikan Anggota Komisi II DPR RI, Ketua DPD PDIP Asmat Thomas Eppe, Ketua DPD PDIP Merauke, Heribertus Silubun dan beberapa tokoh lainnya.

Terhadap bantuan yang diberikan itu, tetap dilakukan pengontrolan oleh kelompok masyarakat yang ada di daerah tersebut agar pemanfaatannya sesuai peruntukannya. Lanjut Edoardus mengatakan bahwa bantuan itu diberikan sebagi bukti tanggungjawab dan perhatian pihaknya sebagai wakil rakyat di daerah pilihannya.

“Ini bentuk tanggungjawab kita kepada masyarakat yang sudah memilih kita. Kita harus memperjuangkan aspirasi yang disampaikan,” tutup Edo.